infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU Kementerian PUPR Serahkan Aset Sektor Air Minum Kepada Pemkab Tanbu

Kementerian PUPR Serahkan Aset Sektor Air Minum Kepada Pemkab Tanbu

BATULICIN-Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu secara resmi menerima penyerahan barang milik negara dari Kementerian PUPR berupa pendukung pengelolaan sarana air bersih.

Penyerahan ini ditandai dengan penandatangan antara Bupati Tanbu dr.HM.Zairullah Azhar dengan pihak Direktorat Jenderal Cipta Karya kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan, diruang kerja Bupati Selasa (14/09/2021).

Disampaikan Kepala BPPW Kalsel, Darjad. Hari ini adalah penyerahan barang milik negara dari Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu untuk pekerjaan sektor Air Minum.

Dari sektor Air minum terdiri dari 6 paket dengan total hampir 17 milyar . Dimana ini adalah perolehan tahun 2006 sampai dengan 2019.

“Kegiatan nya lebih banyak kepada fasilitas untuk air bersih dan sudah terbangun dan difungsikan.”terangnya.

Meski itu dia sebutkan ditahun tahun 2006 dulu IPA kapasitas 20 liter perdetik dikawasan Batulicin ini juga sudah berfungsi .

Kemudian ada pula di tahun 2007, pembangunan IPA dengan kapasitas 10 liter perdetik. Kini sudah difungsikan,dan tahun 2010 , pembangunan IPA kapasitas 20 liter perdetik di kawasan Kecamatan Simpang Empat serta IPA 20 liter perdetik di kawasan Kecamatan Batulicin pada tahun 2006.

“Dan juga rehabilitasi pipa JPU untuk tanah Bumbu tahun perolehan 2010 serta jaringan pipa spam IKK Batulicin Gunung Tinggi ini tahun 2019 dan total perolehan semua adalah 17 milyar .”paparnya.

Dia menambahkan, dari proses semua ini, sebelum masuk ke Kementerian PUPR maka harus masuk ke Kementerian Keuangan terlebih dahulu dan ini secara bertahap.

” Dan nanti akan ada lagi beberapa paket lainnya yang harus diserahkan dari Direktorat Jenderal Cipta Karya kementerian PUPR kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. Ditahun 2021 ini masih ada beberapa paket yang sedang dalam pengerjaan. kalau sudah selesai akan kami serahkan,”imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala PUPR Kab.Tanbu Subhansyah.MT mengungkapkan. Dengan adanya paket hibah ini PUPR Tanbu sangat berterima kasih dengan pihak Balai PPW Kalsel.
Dimana tiap tahunnya Kabupaten Tanbu terus mendapatkan bantuan Hibah tersebut.

“Alhamdulillah kita dapat bantuan terus dari pihak Balai sendiri dan kita harus bersinergi dengan Balai . Apa yang sudah diberikan dari pihak balai sudah berpungsi bagi masyarakat,”tutupnya.(Roni )

Bagikan:

Iklan