infobanua.co.id
Beranda KALTARA Bupati Malinau Minta Pemuda Ambil Peran Bantu Majukan Pembangunan di Malinau

Bupati Malinau Minta Pemuda Ambil Peran Bantu Majukan Pembangunan di Malinau

MALINAU – Peringati Hari Pahlawan, Bupati Malinau Wempi W Mawa dorong pemuda ambil peran majukan pembangunan daerah. Hari Pahlawan yang diperingati tiap 10 November merupakan rangkaian peristiwa bersejarah dalam upaya mempertahankan kemerdekaan.

Peringatan Hari Pahlawan di Malinau menjadi refleksi peran serta masyarakat dan pemuda di Malinau utamanya dalam kondis pandemi Covid-19 saat ini.

Bupati Malinau, Wempi W Mawa menjelaskan pahlawan dihargai atas jasa dan pengorbanan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Sebagai generasi penerus, jasa pahlawan seyogianya terus dikenang. Utamanya bagi pemuda sebagai calon-calon pemimpin di masa mendatang.

“Hari Pahlawan adalah bentuk peringatan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan. Pemuda sebagai generasi penerus punya tanggung jawab besar menjaga kemerdekaan sebagai warisan para pahlawan,” ujarnya, Rabu (10/11/2021).

Upaya mempertahankan warisan pahlawan tak terbatas melalui perjuangan fisik semata. Sumbangsih pemikiran pemuda untuk kemajuan daerah adalah salah satunya. “Menjaga warisan pahlawan bisa diaplikasikan dalam beragam bentuk. Melayani masyarakat, sumbangsih pemikiran sampai menjaga kondusifitas daerah adalah salah satu bentuknya,” katanya.

Ketua Adat Dayak Lundayeh Kabupaten Malinau, Paulus Belapang berpendapat cara untuk mengenang jasa pahlawan adalah menjaga apa yang telah diperjuangkan. Budaya, adat istiadat hingga menjaga kerukunan antarumat beragama menurutnya adalah upaya yang mencirikan sifat-sifat kepahlawanan.

“Semua yang telah kita nikmati saat ini adalah berkat perjuangan para pahlawan. Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah mempertahankan apa yang sudah diwariskan pada kita,” katanya.

Pemuda diharapkan dapat turut andil memberikan kontribusi untuk daerah. Peran pemuda dinilai cukup berpengaruh utamanya di Kabupaten Malinau sebagai kabupaten terdepan.

Philipus/TK

Bagikan:

Iklan