infobanua.co.id
Beranda Blitar Dinkes Kab.Blitar Kirim Sample Varien Corona ke ITD Unair Untuk Dideteksi

Dinkes Kab.Blitar Kirim Sample Varien Corona ke ITD Unair Untuk Dideteksi

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, mengirimkan sample temuan kasus Corona Virus Disease-2019 (covid-19) ke International Tropical Dease (ITD) Universitas Airlangga Surabaya untuk mendeteksi jenis varian covid-19, karena saat ini varian Omricon sudah terdeteksi di Indonesia.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Endah Woro Utami, mengatakan, Badan Kesehatan Dunia atau Wolrd Health Organization (WHO) merekomendasikan upaya whole genome sequencing di kawasan Asia Tenggara untuk mendeteksi keberadaan varian baru civid-19 berjenis B.1.1.529 atau Omricon.

“Langkah sequencing atau mengirimkan sample setiap ada temuan kasus baru dilakukan untuk mendeteksi jenis varian covid-19 karena saat ini varian Omricon sudah terdeteksi di Indonesia,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Endah Woro Utami, kepada awak media, Jum’at 17-12-2021.

Menurut Woro, hasil sample yang dikirim dari kasus baru covid-19 di Kabupaten Blitar saat ini merupakan temuan kasus covid-19 masih dengan varian Delta dan tidak ada temuan Omricon.

“Kami minta warga masyarakat tidak panik, tapi tetap waspada dengan cara disiplin protokol kesehatan (protkes) seperti menggunakan masker medis serta melakukan vaksinasi covid-19 bagi warga masyarakat yang belum divaksin,” jlentrehnya.

Lebih dalam Woro menuturkan, berdasarkan informasi yang diterima, varian Omricon tidak lebih berbahaya untuk infeksi penyakitnya namun penularannya lima kali lebih cepat dibandingkn varian Delta.

Selanjutnya Woro menerangkan, data laporan pasien covid-19 dengan varian Omricon yang masuk ICU tergolong lebih sedikit bila dibanding varian Delta.

“Kami berharap semoga tidak ada lonjakan kasus kembali, karena varian baru covid-19 ini,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan