infobanua.co.id
Beranda KALTARA Bupati Nunukan Resmi Lantik Sebanyak 122 Kepala Desa dari 10 Kecamatan

Bupati Nunukan Resmi Lantik Sebanyak 122 Kepala Desa dari 10 Kecamatan

Sumpah atau janji pengangkatan hasil pilkada yang telah dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2021 lalu.

Nunukan, infobanua.co.id – Pemerintah Daerah kabupaten nunukn Melalui Dinas PMD Nunukan bahwa pada harinya merupakan Tonggak Sejarah bagi pemerintah kabupaten nunukankarena baru kali ini pelantikan kepala desa Secara Serentak.

Kabupaten nunukan melalui Snas PMD
mengawali acara ini saya mengajak kepada semua untuk mengirimkan al-fatihah untuk salah seorang kepala desa yang telah berpulang ke Rahmatullah sebelum pelaksanaan Pilkada serentak yaitu almarhum Idris calon kepala desa pagun. Bupati memohon kepada yang hadir Agar kita mendoakan kita kirimkan al-fatihah.

monumen pelantikan kades yang jumlahnya fantastis yaitu 122 orang sama hari ulang tahun yang ke-22 semoga ini sebuah pertanda baik untuk yang pertama kalinya juga pelaksanaan pelantikan kepala desa dilaksanakan serentak di lapangan terbuka ini mengandung sebuah bahwa serentak terpilih serentak menanggung beban serentak bergerak serentak kita satukan tujuan serentak kita memegang amanah yang diberikan oleh rakyat.

Foto Bersama kepala desa dari sebanyak 122

Pilkades serentak dilaksanakan, saya pernah mengalami hal sama dengan bapak dan ibu sekalian pada Pilkada serentak yang lalu.

Saya paham atmosfer persaingan untuk mendapatkan rakyat tidak mudah saya mengikuti dan mengamati tahapan demi tahapan Pilkades serentak ini ada kades yang terpilih pada pemilihan pertama hasilnya seri dan setelah diulang baru mendapatkan pemenang dengan selisih 2 suara, ini terjadi di dua wilayah.

selamat kepada Bapak & Ibu yang terpilih dan ada yang terpilih dengan kemenangan 1 suara ini terjadi di 6 desa.

Ada juga yang hampir bertarung antara suami dan istri bahkan ada juga yang pemilihannya ditunda kembali, sungguh ini adalah hal yang sangat luar biasa untuk mendapatkan sebuah amanah dari masyarakat
maka ketika kita sudah mendapatkannya jaga dan rawat lah.

saya mengajak kepada kita semua menggenggam erat tangannya itu jangan duduk nyaman di singgasana kita lebih banyak turun turun dan jalan tanah mana yang telah diberikan selaku manusia-manusia pilihan.

satu hal yang perlu kita ingat bahwa kekuasaan yang ada di tangan kita hendaklah dipergunakan sebaik-baiknya pahamilah bahwa negara kita ini adalah sistem di atas kepala desa ada camat, di atas camat ada Bupati gubernur dan presiden serta di atas kita ada Tuhan yang maha kuasa.

kepala kepala desa yang terpilih saat ini juga bervariasi kepala desa tua dan muda yang tertua berumur 72 tahun dan yang termuda berumur 26 tahun.

bupati menyampaikan jangan remehkan orang tua karena mereka kaya pengalaman Begitu juga jangan remehkan yang mudah sebab mereka punya semangat.

Perpaduan antara pengalaman dan semangat akan membawa yang teratas di Kalimantan Utara.

lanjud Bupati dalam pantunya pelangi tak akan indah jika tak banyak Nunukan akan sejahtera jika tidak bersinergi yang tua dan yang muda.

Jangan menganggap kemenangan adalah sebuah akhir justru terpilihnya bapak & ibu maka perjuangan baru akan dimulai.

Kepada Kepala desa terpilih dan dilantik saya Ucapkan selamat bertugas dan kepada kepala desa yang telah purna bakti pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas jasa dan pengabdiannya.

Sebagaimana yang telah ditetapkan dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang pemerintahan desa.

Bahwa desa adalah unsur terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat, olehnya itu Kepala Desa dituntut untuk lebih inovatif aspiratif dan kreatif.

Sebab keberhasilan pemerintah yang lebih tinggi sangat ditentukan oleh pemerintah desa nya.

Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura mengakhiri sambutannya dan menitipkan pesan, kepada semua kepala desa yg sudah dilantik pada hari sabtu 18/12/2021.

Penting sekali
1. kepada kepala Desa walaupun kita sudah diberikan kewenangan bagaimana cara mengelola dana desa, dan harus tetap bersinergi dengan program pemerintah kecamatan pemerintah kabupaten dengan Dana Desa memang membuat kita berdaya namun jangan lupa itu juga bisa membuat kita tak berdaya jika salah dalam mengelolanya.

2. tetapkan kembali masyarakat Pilkades tidak ada lagi kubu kubuan namun masyarakat harus bersatu padu kembali untuk membangun daerah.

3. Pelaksanaan Anggaran Desa dengan baik dan transparan dan tidak kolusi/korupsi kita lihat akhir akhir ini sejumlah kepala desa terlibat korupsi, termasuk desa yang ada dikecamatan sembakung, lihatlah pengalaman-pengalaman kepala desa sebelumnya yang terjerat masalah hukum karena menyalagunakan anggaran desa.

4. bermitra dengan permusyawaratan desa sebagai pengawas dan perwakilan masyarakat tentunya dengan dilaksanakan akan membuat tugas terasa mudah.

5. berdayakan PKK agar perempuan dapat mengambil peran dalam turut serta sejahterakan masyarakat kita.

6. Jadilah pemimpin desa yang inovatif kreatif dan inspiratif sebab tidak mustahil hal-hal kecil bisa yang besar seperti yang dilakukan oleh Kepala desa sei nyamuk dengan inovasi jamban dari ban bekas bisa menginjakkan kaki di istanah dan menerima penghargaan dari bapak presiden Joko Widodo (Jokowi).Ujar Hj.Asmin Laura Bupati Nunukan mengakhirin sambutan secara lisan (Yuspal).

Bagikan:

Iklan