infobanua.co.id
Beranda Blitar Pemkot Blitar Serahkan KKS Dari Kemensos Kepada 1.492 Warganya

Pemkot Blitar Serahkan KKS Dari Kemensos Kepada 1.492 Warganya

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Sosial Kota Blitar, telah menyerahkan Kartu Keluaega Sejahtera (KKS) kepada 1.492 orang warganya dari Kementerian Sosial (Kemensos) di Gedung Kesenian Aryo Blitar, jalan Kenari, Kota Blitar, Kamis 13-01-2022.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar, Sad Sasmintarti, mengatakan, program bantuan tersebut untuk warga masyarakat yang terdampak pandemi Corona Virus Disease-2019 (covid-19) di masa PPKM pada tahun 2021.

Uang bantuan yang diberikan senilai Rp 200 ribu per-bulan yang dirapel selama enam bulan mulai bulan Juli hingga bulan Desember 2021.

Sehingga setiap warga langsung menerima uang bantuan senilai Rp 1,2 juta.

“Penyaluran bantuan keluarga sejahtera baru dilakukan sekarang, karena data penerima dari Kemensos baru keluar pada bulan Desember 2021,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar, Sad Sasmintarti.

Menurut Sad, Kemensos yang melakukan verifikasi data penerima bantuan keluarga sejahtera.

“Data KKS dari Kemensos baru keluar pada bulan Desember 2021. Sehingga penyaluran bantuannya baru bisa dilakukan sekarang,” jlentrehnya.

Lebih dalam Sad menuturkan, penyaluran bantuan dilakukan serentak pada Kamis 13 Januari 2022 di Gedung Kesenian Aryo Blitar.

“Jadual terakhir penyaluran besuk Jum’at 14 Januari 2022. Hari ini kami salurkan serentak, besok kami lakukan penyisiran untuk data yang belum menerima,” terangnya.

Masih menurut Sad, ada sebanyak 1.492 orang penerima bantuan keluarga sejahtera, dan ini merupakan data penerima baru yang belum pernah mendapatkan program bantuan sosial lainnya selama pandemi covid-19.

“Dulu, mereka menerima uang bantuan yang diwujudkan sembako. Karena untuk percepatan penyaluran, sekarang diberikan berupa uang tunai,” jelasnya.

Sementara Wali Kota Blitar, Santoso, mengatakan, Kota Blitar mendapatkan kuota tambahan sebanyak 1.492 orang penerima bantuan Kartu Keluarga Sejahtera dari Kemensos.

Program bantuan tersebut sebelumnya diberikan berupa sembako.

“Karena untuk percepatan penyaluran, sekarang diberikan berupa uang tunai. Tapi, kami minta warga menggunakan uang bantuan itu untuk membeli sembako,” kata Walikota Blitar, Santoso, ketika turut memantau proses penyaluran bantuan di Gedung Kesenian Aryo Blitar. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan