infobanua.co.id
Beranda Blitar Pembangunan Museum PETA, Pemkot Blitar, Awali Dengan Pembangunan Landasan Pesawat

Pembangunan Museum PETA, Pemkot Blitar, Awali Dengan Pembangunan Landasan Pesawat

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar, menyatakan jika Pemkot Blitar akan segera memulai pembangunan Museum Pemberontakan Pasukan Pembela Tanah Air (PETA).

Lokasi Museum PETA berada di kompleks Monumen PETA, jalan Sudancho Soeprijadi, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Persiapan akan segera dilakukan di antaranya dengan membangun landasan pesawat di depan Monumen PETA tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar, Edi Wasono, mengatakan, dibangunnya landasan pesawat ini untuk mempermudah akses kedatangan berbagai sarana prasarana yang nantinya akan dipasang di Monumen PETA.

Beberapa bantuan yang akan diterima oleh Pemkot Blitar di antaranya satu Pesawat Terbang, satu Tank, satu Meriam dan satu Panser.

“Bantuan sarana dan prasarana ini merepresentasikan pemberontakan PETA,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kota Blitar, Edi Wasono, Sabtu 29-01-2022.

Menurut Edi, untuk mempermudah kedatangan sarana dan prasarana serta aksesoris yang ada di Monumen PETA, pihaknya akan membangun landasan pesawat di depan Monumen PETA tersebut.

Lebih dalam Edi menuturkan, sesuai dengan yang telah direncanakan pembangunan landasan pesawat di Monumen PETA akan direalisasikan dalam tahun 2022 ini. Tapi pihaknya belum bisa memastikan kapan waktu dimulai pembangunannya.

“Pembangunan kami upayakan pada tahun 2022 ini. Untuk anggaran masih akan disesuaikan dengan menggelar koordinasi lebih lanjut dengan jajaran terkait,” ungkapnya.

Masih menurut Edi, pembangunan landasan pesawat di area Monumen PETA diwacanakan tahun 2022 ini.

Ketika disinggung tentang kapan pembangunannya dimulai, Edi belum dapat memastikan, namun diupayakan tahun 2022 ini.

Sementara tentang anggaran Edi menyebut masih akan disesuaikan dengan menggelar koordinasi lebih lanjut dengan jajaran terkait.

“Pembangunan landasan pesawat akan kami dilaksanakan pada tahun 2022 ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa, selain membangun Museum Pemberontakan PETA, Pemkot Blitar juga akan membangun Diorama Perjuangan Bung Karno di Istana Gebang.

Kebijakan Pemkot Blitar ini sebagai bentuk implementasi Keputusan Presiden nomor 80 tentang program pengembangan wisata daerah selatan Pulau Jawa khususnya, Selingkar Wilis. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan