infobanua.co.id
Beranda TAPIN PT Sido Muncul Melirik Jahe Merah Di Tapin

PT Sido Muncul Melirik Jahe Merah Di Tapin

TAPIN, INFOBANUA.co.id – Kabupaten Tapin terlihat siap menjadi daerah penghasil jahe merah. Petani di tiga kecamatan di Tapin disiapkan bakal mendapatkan pelatihan mengelola produk jahe merahnya untuk dipasok ke produsen obat herbal dan jamu terkenal di Indonesia, PT. Sido Muncul.

PT.Sido Muncul telah melaksanakan penandatanganan MoU dengan Gapoktan Petani Jahe di Kabupaten Tapin, Selasa (15/2/2022).

Kepala Dinas Pertanian Tapin, Wagimin mengatakan kerjasama dengan perusahaan jamu Sido Muncul dengan Gapoktan petani jahe yang ada di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Hatungun, Pipitak Jaya, dan Salam Babaris yang akan dimulai pada tahun 2022 ini.

“Tahun 2022 ini semua hasil pertanian jahe milik para petani akan dibeli oleh perusahaan Sido Muncul,” Jelasnya.

Wagimin mengatakan saat ini luas lahan tanaman jahe di Kecamatan Hatungun seluas 134 Hektar, dan Salam Babaris seluas 83 Hektar dengan rata – rata produksi per hektar sebanyak delapan ton.

“Untuk pengiriman, nantinya produk yang dikirim adalah produk setengah jadi. Jadi, pada petani nanti akan diajari tata cara pengolahan membuat serbuk jahe,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tapin HM Arifin Arpan, mengatakan dirinya menyambut baik dengan adanya kerjasama petani jahe dengan perusahaan jamu dengan skala nasional ini. Hal ini membuktikan kualitas tanaman jahe di Tapin telah memenuhi syarat dari perusahaan.

“Dengan adanya MoU ini semua hasil produksi pertanian jahe di Kabupaten Tapin dapat terserap,”katanya.

Bupati Tapin, berpesan kepada para petani agar kerjasama ini dapat dipertahankan, baik itu kualitas maupun kuantitas. Jangan sampai mengecewakan pihak perusahaan.

“Saya berharap kerjasama dengan Sido Muncul ini dapat berkelanjutan,” jelasnya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan