infobanua.co.id
Beranda KALTARA Lapas dan Palang Merah Kerjasama dalam Melaksanakan Penyemprotan Untuk Mencega Penyebaran Covid 19 dan Pemeriksaan Berkala Bagi Lansia WBP

Lapas dan Palang Merah Kerjasama dalam Melaksanakan Penyemprotan Untuk Mencega Penyebaran Covid 19 dan Pemeriksaan Berkala Bagi Lansia WBP

Nunukan, infobanua.co.id – Lembaga Pemasyarakatan bekerjasama dengan PMI melakukan penyemprotan Disinfektan serta kegiatan Lapas yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan Melalui Puskesmas Sedadap.

Menurut Armando Adinata Selaku PLH Kalapas Nunukan bahwa kegiatan kita ini tidak lain dan Tak Bukan yakni
Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Nunukan melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin yang dilaksanakan setiap hari kerja.

Baru Kali ini dilaksanakan pemeriksaan khusus bagi warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lansia Lapas Nunukan yang bekerja sama dengan Puskesmas Sedadap kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan Provinsi kalimantan Utara.

Pada hari ini Selasa sejumlah Dokter dan Tenaga medis Lainya sibuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada WBP Lapas Nunukan bertempat di aula Pengayoman pada hari Selasa 22/2/2022.

Kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara bagi seluruh warga negaranya tanpa terkecuali, begitu juga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi tanggung jawab Lembaga Pemasyarakatan yang harus mendapat pelayanan kesehatan dan perawatan yang baik.

Pelayanan yang tersedia sekaligus juga bersifat komprehensif yang meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pengobatan, rujukan ke pelayanan kesehatan dan kesehatan lingkungan.

Tim.Medis Dinkes Nunukan melalui Tim.medis puskesmas sedadap ke4jasama Tim.kesehatan.lapas Nunukan melakukan pemeriksaan secara berkala bagi warga Binaan yang lanjut Usia

Menurut Dokter Evi Maryani, PLT puskesmas sedadap bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah hal yang rutin dilakukan oleh tim medis lapas Nunukan tim medis puskesmas Sedadap Nunukan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan yang mempunyai faktor resiko seperti obesitasi, lansia, pemeriksaan tekanan darah, atau yang mempunyai riwayat penyakit sebelum yang bersangkutan bermasalah dengan hukum.

“Pemeriksaan ini dikhususkan kapada WBP yang sudah lanjut usia untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan Secara berkala khususnya yg umur diatas 55 yang kami lakukan ini adalah pemenuhan dari salah satu hak narapidana dan tahanan yaitu hak mereka untuk mendapatkan Pelayanan kesehatan yang layak” kata Plh. Kalapas, Nunukan Bapak Arnado Abrinata.

Begitu juga disampaikan oleh Edi Purwanto Kasubsi PerawatanLapqs Nunukan, bahwa layanan kesehatan kepada WBP ini adalah hal mutlak yang harus dilaksanakan.

“Kita disini bekerja dalam satu tim, perawat dan tim kesehatan lainnya bahu membahu melayani Warga Binaan Pemasyaratan (WBP) Lapas Nunukan terkait dengan masalah kesehatan yang mereka alami, kalau memang sakitnya tidak bisa kita tanggulangi.

Olehnya itu maka tim kesehatan melalui Kasubsi Perawatan akan melapokan kepada atasan untuk dapatnya bisa merujuk WBP tersebut ke rumah sakit” ujarnya Armando menutupnya (Yuspal)

Bagikan:

Iklan