infobanua.co.id
Beranda KALTARA Hadiri Acara Puncak HPSN, Wabup Ajak Masyarakat Kampanyekan Aksi Peduli Sampah

Hadiri Acara Puncak HPSN, Wabup Ajak Masyarakat Kampanyekan Aksi Peduli Sampah

Malinau, infobanua.co.id – Wakil Bupati Malinau Jakaria, S.E, M.Si. hadiri acara puncak dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di halaman kantornya, pada Kamis (24/02).

Plh. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Fransjuli Manuel, S.Hut, M.P. melaporkan melalui peringatan HPSN 2022, DLH telah mengadakan serangkaian kegiatan yang dimulai pada hari Senin, 21 Februari 2022 berupa Apel Siaga yang dilanjutkan dengan Flashmob Kampanye Aksi Peduli Sampah di jalan.

Kemudian hari Selasa, 22 Februari 2022, DLH bersama dengan PKK Kabupaten Malinau melakukan kegiatan sosialisasi yaitu Pengurangan Sampah dan Pelatihan Pembuatan Ecoenzyme yakni pengolahan sisa sayuran dan buah-buahan segar.

“Hari ini adalah acara puncaknya dimana kami juga melaksanakan serangkaian kegiatan berupa penyerahan piagam penghargaan kepada petugas kebersihan atas dedikasinya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sehari-hari,” ujarnya.

Selain itu, DLH juga mengajak peran aktif dari seluruh pelajar baik dari tingkat SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan Milenial melalui Perlombaan Peduli Sampah.

“Tujuannya mengenalkan sejak dini kepada para pelajar dan kaum milenial muda bahwa kebersihan lingkungan yang bebas sampah itu dimulai dari kebersihan diri sendiri. Saya bersih, kamu bersih, Malinau bersih,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Malinau Jakaria, S.E, M.Si. menerangkan bahwa produk sampah di Kabupaten Malinau dari tahun ke tahun menunjukkan angka yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk.

Disisi lain juga disebabkan oleh mindset masyarakat yang masih rendah tentang penanganan sampah.

“Sebagian masyarakat menganggap bahwa sampah sepenuhnya tanggung jawab petugas kebersihan. Tentu hal ini keliru dan semestinya kita ubah karena sampah merupakan persoalan dan tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

“Karena itu harus ada kebersamaan dalam mengelola dan menangani sampah sejak dini yang berawal dari diri kita, keluarga kita dan rumah tangga kita masing-masing,” imbuhnya.

Melalui HPSN ini, Jakaria mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk aktif mengkampanyekan aksi peduli sampah melalui prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle) atau pakai ulang, kurangi dan daur ulang, sesuai peran yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Demi terciptanya Kabupaten Malinau yang sehat, nyaman dan damai.

Rel

Bagikan:

Iklan