Categories: Blitar

Kasus Dana BST Kades Ngadri, Blitar, Sudah Dinyatakan P21

Blitar, Infobanua.co.id – Polres Blitar, menginformasikan, jika kasus dugaan penyelewengan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dilakukan oleh Kepala Desa (Kades) Ngadri, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, sudah dinyatakan P21 atau lengkap.

Selanjutnya Polres Blitar segera berkoordinasi dengan Kejari Blitar untuk pelimpahan berkas dan tersangka.

Kasat Reskrim Polres Blitar, AKP Tika Pusvita Sari, mengatakan, pada pekan ini pihaknya telah menerima informasi dari Kejari Blitar tentang kelanjutan kasus penyelewengan dana BST yang dilakukan oleh MM Kades Ngadri, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, yang sudah dinyatakan P21 atau lengkap.

“Saat ini unit Tipidkor Satreskrim Polres Blitar, sedang berkoordinasi dengan Kejari Blitar untuk pelimpahan berkas perkara dan tersangka,” kata Kasat Reskrim Polres Blitar, AKP Tika Pusvita Sari, Rabu 09-03-2022.

Menurut Tika, selain itu, sebelum berkas dan tersangka dilimpahkan ke Kejari Blitar, pihaknya memperlukan persiapan, sehingga penyerahannya akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Selanjutnya kasus ini akan ditangani Kejari Blitar untuk proses hukum berikutnya,” jlentrehnya.

Untuk diketahui bahwa, sebelumnya Polisi sudah menetapkan Kades Ngadri, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, sebagai tersangka.

Setelah sebelumnya diduga menggunakan uang BST milik warga Desa Ngadri, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar atau warganya sendiri.

Dari hasil pemeriksaan saksi ahli, MM diduga melanggar pasal 43 ayat 1 UU RI nomor 13 tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin dengan ancaman hukuman pidana selama 5 tahun penjara.

Namun dalam kasus ini MM tidak ditahan oleh pihak kepolisian karena masih dari hasil pertimbangan penyidik, MM diketahui koorperatif saat menjalani pemeriksaan, sehingga MM hanya dikenai wajib lapor 2 kali seminggu. (Eko.B). 

admin

Recent Posts

Bank Indonesia Gelar Ekspedisi Rupiah Susur Sungai di Kalimantan Selatan

Banjarmasin, infobanua.co.id - Dalam rangka melaksanakan Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank…

7 menit ago

Satpol PP Nunukan Siap Amankan Pilkada 2024

Nunukan, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menyatakan dukungannya untuk…

4 jam ago

Pemkab Banjar Peringati Hari Anak Nasional Tahun 2024

Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian…

7 jam ago

16 Hari Pembinaan, Peningkatan Kapasitas Kader LPTQ Kabupaten Banjar Ditutup

Martapura, infobanua.co.id - PJs Bupati Banjar Akhmad Fydayeen diwakili Plt Kabag Kesra Gt Sugian Noor…

7 jam ago

MTQ ke-41 Kabupaten Pesisir Selatan Resmi Dihelat, Pj Bupati Tegaskan Hal Ini

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Pj Bupati Pesisir Selatan Era Sukma Munaf tegaskan bahwasanya pelaksanaan Musabaqah…

7 jam ago

Pj Gubernur Sumbar Audi Joenaldy Resmi Buka MTQ ke-41 di Kabupaten Pesisir Selatan

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten Pesisir Selatan resmi…

7 jam ago