Media Terverifikasi Dewan Pers
Beli Tema IniIndeks
banner 728x250
Blitar  

Sebanyak 60% ASN Guru, di Kab.Blitar Pensiun Tahun Ini

Kepala Bidang Pengadaan Pembinaan dan Pemberhentian BKPSDM Kabupaten Blitar, Joko Wiyono.
banner 120x600
banner 468x60

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blitar, berharap agar kuota rekrutmen Calon Pegawai Negeti Sipil (CPNS) disesuaikan dengan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun.

Harapan tersebut karena setiap tahun ada ratusan ASN di Kabupaten Blitar yang purna tugas, atau pensiun.

banner 325x300

Dari data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar, tercatat, sejak tahun 2021 sampai dengan bulan Maret 2022, sebanyak 692 orang ASN di Pemkab Blitar yang pensiun dan dari jumlah tersebut 60 porsen adalah tenaga Guru.

“Jumlah ASN di Kabupaten Blitar, sekarang sekitar delapan ribu orang. Yang pensiun tahun 2022 ini hampir 700 orang, mayoritas adalah Guru,” kata Kepala Bidang Pengadaan Pembinaan dan Pemberhentian BKPSDM Kabupaten Blitar, Joko Wiyono, Minggu 27-03-2022.

Menurut Joko, dengan kondisi seperti ini, pihaknya berharap kuota perekrutan CPNS di Kabupaten Blitar disesuaikan dengan jumlah PNS yang pensiun.

“Tentunya pemenuhan ASN, agar kinerja diinstansi terkait dapat berjalan maksimal. Mengingat jika kekurangan tenaga, setiap ASN mendapatkan tugas ganda,” jlentrehnya.

Lebih dalam Joko menuturkan, selain itu pihaknya juga memberikan pembekalan pelatihan ringan terhadap ASN yang akan memasuki purna tugas.

Hal ini karena usia pensiun merupakan usia yang sudah tidak produktif.

“Kami juga memberikan pelatihan ringan terhadap ASN yang akan purna tugas atau pensiun,” jelasnya.

Masih menurut Joko, untuk tahun 2022 ini ASN yang memasuki masa purna di bawa ke Wonojati, Malang untuk diberikan pembekalan ringan.

“Dengan pembekalan tersebut kami berharap agar mental mereka benar-benar siap menjalani masa pensiun,” pungkasnya.

(Eko.B)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.