infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Batola Raih Anugerah Penghargaan Predikat Terbaik I Nasional Penyaluran DAK Fisik

Batola Raih Anugerah Penghargaan Predikat Terbaik I Nasional Penyaluran DAK Fisik

Marabahan, infobanua.co.id – Kabupaten Barito Kuala (Batola) kembali meraih anugerah penghargaan. Kali ini terkait Penyaluran DAK Fisik Tahun 2021. Batola dinyatakan tercepat se-Indonesia sehingga meraih predikat Terbaik I Nasional tingkat kabupaten/kota. Atas prestasi ini maka Bupati Hj Noormiliyani AS didampingi Sekdakab Batola H Zulkipli Yadi Noor menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang diserahkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel), Sulaimansyah didampingi KPPN Banjarmasin Tri Ananto Putro, di Aula Selidah, Setdakab Batola, Senin (11/04/2022).

“Sesuai Keputusan Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor 14/PB.2/2022 ditetapkanlah Kabupaten Barito Kuala sebagai tercepat untuk Tahun 2021,” tutur Kakanwil DJPb Prov Kalsel, Sulaimansyah.

Sulaimansyah mengharapkan, pemberian penghargaan ini jangan dianggap hanya sebagai serimonial namun benar-benar membuktikan kepada nasional bahwa komitmen dari Kabupaten Barito Kuala untuk percepatan pembangunan diwujudkan dengan percepatan penyaluran DAK Fisik.“Mudah-mudahan ini menjadi pemacu semangat lebih baik lagi serta menjadi contoh daerah lain untuk turut melakukan percepatan dalam penyaluran DAK Fisik yang menjadi bagian penting,” katanya.

Kakanwil DJPb Prov Kalsel menerangkan, jika penyaluran DAK Fisik bisa lebih cepat maka manfaat yang dirasakan masyarakat tentunya lebih cepat pula bahkan di tahun itu juga. Sebaliknya, jika penyaluran DAK Fisiknya lambat dan pekerjaannya selesai di akhir tahun maka manfaat pembangunan yang dilaksanakan baru dirasakan di tahun berikutnya. Sehingga target-target pembangunan yang dicanangkan di tahun yang berkenaan tidak akan bisa tercapai karena pekerjaannya baru selesai di akhir tahun anggaran.

“Ini yang akan kita jadikan benchmarking (patokan/tulak ukur) bagi daerah lain bahwa Barito Kuala bisa lebih cepat kenapa yang lain tidak,” tukasnya sembari menyatakan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, sangat mendorong percepatan APBN maupun APBD karena pertumbuhan ekonomi salah satunya berasal dari belanja pemerintah.

Sulaimansyah menyatakan, video acara penyerahan dan testimoni Bupati Hj Noormiliyani AS ini akan dikirimkan ke Pusat untuk digabung dengan peraih kategori lainnya guna ditayangkan pada Rakor Pelaksanaan Anggaran yang disaksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Selasa (12/04/2022).

Bupati Hj Noormiliyani AS menyambut gembira dan bersyukur atas penghargaan yang diberikan Kementerian Keuangan RI Dirjen Perbendaharaan melalui Kakanwil DJPb Prov Kalsel ini. Ia menganggap penghargaan ini merupakan ‘kado’ terindah di ulang tahunnya yang akan berlangsung 21 April nanti. “Penghargaan ini merupakan kado terindah dan berarti buat saya di akhir jabatan ini, karena 4 November nanti saya bersama Wabup H Rahmadian Noor akan mengakhiri masa jabatan,” ucapnya.

Terkait penghargaan yang diraih, Noormiliyani menilai, keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama yang baik semua pihak, terutama SKPD-SKPD yang menerima Dana DAK Fisik, dan Inspektorat yang berperan sebagai review aparat pengawas internal pemerintah (APIP), meskipun situasi pandemi tetap melaksanakan tugas.

Noormiliyani mengharapkan penghargaan ini dapat menjadi salah satu pemacu semangat untuk meningkatkan kinerja dalam mempercepat proses penyaluran DAK Fisik sehingga dapat memberikan mutliplier effect pada pertumbuhan ekonomi.

“Saya berharap prestasi ini bisa menjadi semangat kerja kita dalam bekerja cepat dan responsif dengan tetap memperhatikan aspek akuntabilitas dan transparansi sehingga penggunaan anggaran dapat dipertanggungjawabkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” harapnya.

Nang/IB

Bagikan:

Iklan