infobanua.co.id
Beranda Blitar Polresta Blitar Geser Personil ke Pos Pengamanan Lebaran

Polresta Blitar Geser Personil ke Pos Pengamanan Lebaran

Blitar, Infobanua.co.id – Dalam mengantisipasi tingginya animo warga masyarakat yang akan mudik pada Lebaran tahun 2022 ini.

Pengamanan arus mudik Lebaran di wilayah hukum Polres Blitar Kota (Polresta Blitar) akan dilakukan lebih awal, yakni Sabtu 23 April 2022 besuk.

“Kegiatan gelar pasukan yang sedianya dilaksanakan pada 28 April 2022, dimajukan hari ini. Polres Blitar Kota dan seluruh jajaran mendahulukan kegiatan pengamanan mudik,” kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono, usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022, Jum’at 22-04-2022.

Menurut Argo, Operasi Ketupat Semeru baru dimulai pada tanggal 28 April 2022 sampai dengan tanggal 09 Mei 2022.

Polres Blitar Kota bersama TNI dan Pemkot Blitar mulai melakukan pergeseran personil ke pos pengamanan setelah apel gelar pasukan hari ini.

“Rencananya, posko pengamanan mulai berjalan besok Sabtu 23 April 2022. Kami memprediksi warga masyarakat juga melakukan perjalanan mudik lebih awal, setelah sekolah libur,” jlentrehnya.

Lebih dalam Argo menuturkan, ada enam pos yang terdiri atas pos terpadu, pos pengamanan, dan pos pelayanan dalam Operasi Ketupat Semeru 2022 di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Dengan rincian, satu pos pelayanan di Aloon-aloon Kota Blitar, dua pos pengamanan di Terminal Bus Patria dan Stasiun Kereta Api, serta tiga pos terpadu di kawasan wisata Makam Bung Karno, kawasan wisata Candi Penataran dan di wilayah Kecamatan Srengat.

“Pos pengamanan dan pos pelayanan kami sebar dengan target lokasi tujuan wisata, terminal bus, stasiun kereta api, dan beberapa tempat keramaian,” terangnya.

Masih menurut Argo, Polres Blitar Kota menerjunkan 468 personil gabungan dari Polri, TNI, dan Pemkot Blitar untuk pengamanan arus mudik Lebaran 2022.

“Jumlah kendaraan operasional yang diterjunkan ada 250 unit, mulai roda dua, roda empat, roda enam, dan kendaraan untuk medis,” jlentrehnya.

Selanjutnya Argo berharap, dengan persiapan lebih awal, pelaksanaan arus mudik Lebaran di wilayah hukum Polres Blitar Kota berjalan aman dan lancar.

“Persiapan ini salah satu upaya pemerintah dalam melaksanakan pengamanan mudik lebih awal, tidak menunggu saat libur bersama, tapi lima hari ke depan sudah dilakukan peningkatan pengamanan,” jelas Argo.

Sementara Wali Kota Blitar, Santoso, yang memimpin gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022 di Polres Blitar Kota mengatakan, mudah-mudahan pelaksanaan mudik Lebaran warga masyarakat ke daerah Blitar berjalan lancar serta aman dan terkendali.

“Kota Blitar menjadi salah satu daerah tujuan pemudik. Karena banyak warga di Blitar Raya yang kerja di luar pulau dan menjadi pekerja migran di luar negeri,” pungkasnya.

(Eko.B) 

Bagikan:

Iklan