infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Pemkab HSU Gelar Penilaian Lomba Desa

Pemkab HSU Gelar Penilaian Lomba Desa

Amuntai, infobanua.co.id – Desa Telaga Sari Kecamatan Amuntai Selatan ikuti Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2022 dengan tema “Desa dan Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Hulu Sungai Utara, Rabu (25/05/2022).

Kepala Desa Telaga Sari, Abdul Hadi dalam sambutannya mengaku senang atas terpilihnya desa Telaga Sari untuk mewakili kecamatan amuntai selatan dalam penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2022 ini. “Lomba desa merupakan salah satu program yang dinilai sangat positif, maka dengan adanya lomba ini kami Desa Telaga Sari dan seluruh jajaran organisasi masyarakat lainnya dalam hal persiapan saling bahu membahu dan tolong menolong agar desa telaga sari lebih maju lagi baik dalam hal administrasi dan kelengkapaan lainnya demi terwujudnya pelayanan yang akuntable dan fleksibel. Semoga desa kita Telaga Sari menjadi juara 1 pada penilaianan lomba desa tingkat kabupaten ini”. Ucapanya Abdul Hadi

Selain itu, ketua tim penilai lomba desa Amita Susana merasa senang atas sambutan yang diberikan oleh desa Telaga Sari. Ia menambahkan bahwa Desa Telaga Sari adalah desa ke lima yang dikunjunginya.

Amita juga mengatakan bahwa dilaksanakannya lomba desa ini yaitu untuk mengevaluasi dan menilai pemerintahan desa/kelurahan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pemerintahan dan juga kemasyarakatan. Selain itu juga untuk mengetahui capaian desa/kelurahan dalam kurun waktu satu tahun dan juga apresiasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah berupa penghargaan kepada pemerintahan desa/keluarahan atas prestasi yang dicapai dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan desa.

Adapun indikator penilaiannya Amita menambahkan yaitu meliputi Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga, Kemasyarakatan, Administrasi, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

“Pada penilaian perlombaan desa tersebut mengandung makna tersendiri karena dapat memberi motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga-lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintah desa yang sudah ada,” ucapnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan