infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Kekhawatiran Syarifudin HR Seiring Pembangunan IKN, Dukung Langkah Pemda Minta Dana Insentif Rp1 Triliun ke Pusat

Kekhawatiran Syarifudin HR Seiring Pembangunan IKN, Dukung Langkah Pemda Minta Dana Insentif Rp1 Triliun ke Pusat

PENAJAM, infobanua.co.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Syarifuddin HR mendukung penuh langkah pemerintah daerah dalam menyelaraskan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan daerah asal IKN yakni Benuo Taka.

Hal tersebut menjadi kekhawatiran legislator tersebut seiring berjalannya mega proyek ini.

Oleh karenanya, pemerintah daerah mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat terkait dengan dana insentif Rp 1 triliun sampai dengan Rp 2 triliun dalam menunjang pembangunan di Kabupaten PPU seiring dengan pembangunan IKN Nusantara di sebagian wilayah Kecamatan Sepaku.

“Kalau terkait dengan pemerintah daerah dalam hal ini eksekutif meminta intensif kepada pemerintah pusat untuk mengimbangi IKN Nusantara saya rasa sangat wajar. Karena kita ini Kabupaten Penajam Paser Utara bukan penyangga IKN. Kita adalah bagian dari IKN sendiri,” ujar Syarifuddin HR, Senin (27/6/2022).

Politikus Partai Demokrat itu mengatakan, jika pembangunan IKN tidak diselaraskan dengan pembangunan infrastruktur di wilayah Kabupaten PPU maka hal itu dikhawatirkan akan ada kesenjangan pembangunan.

“Artinya, pemerintah pusat dalam hal ini pihak yang mengambil kebijakan harus memikirkan Kabupaten PPU ini seperti apa. Jangan sampai kita ini lambat pembangunannya. Sementara IKN mulai pembangunannya,” ujarnya.

Dirinya berharap kepada pemerintah pusat agar memperhatikan daerah Kabupaten PPU seiring dengan pembangunan IKN saat ini, baik dari Infrasturktur yang ada maupun peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

” Tentunya kami berharap, pemerintah pusat turut mempertimbangkan apa yang menjadi kekhawatiran kami didaerah ini,” pungkasnya. (ADV).

Bagikan:

Iklan