infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Sandiaga “Beli Produk Ini ” Purunque

Sandiaga “Beli Produk Ini ” Purunque

BANJARMASIN, infobanua.co.id – ” Beli produk ini ” purunque hal ini di sampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengunjungisalah satu both (stand pameran) Pokmas (Program Kerja Masyarakat) yang Maju Bersama Desa Haur Gang Kec.Haur Gading Kab.HSU di Duta Mall, Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang merupakan peserta dari program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Banjarmasin 2022.Selasa (12/7/22).

Dalam kesempatan itu, Sandiaga berkempatan mengunjungi salah satu both (stand pameran) Pokmas (Program Kerja Masyarakat) yang Maju Bersama Desa Haur Gang Kec.Haur Gading Kab.HSU , ketua Kelompok Maju Bersama Haur Gading Norhalimah menjelaskan bahwa dalam kesempatan ini Pokmas Maju Bersama menampilkan salah satu produk andalan meraka yaitu ” Purunque” produk ini merupakan hasil olahan anyaman purun yang di buat menjadi berbagai pruduk seperti tas, tikar, tempat arsip, topi, hiasan dinding dan lain lain. Anyaman purun Desa Haurgading yabg sebelumnya hanya dalam bentuk bakul dan tikar purun , kini setelah pengrajin tergabung dalam kelompok kerajinan purun maju bersama, produk anyaman purun menjadi semakin beragam dan ramah lingkungan, desain bentuk poduk kerajinan yang lebih stylish seperti berbagai model tas anyaman dengan desain modern dan berbagai motif, home dekor dan berbagai macam produk lainnya demi memenuhi kebutuhan konsumen yang terus meningkat.
Purunque merupakan produk yang telah lulus seleksi dari 6571 yang berasal dari 16 daerah se indonesia sehingga berkesempatan mengikuti Pemeran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) tahun 2022 di Duta Mall Banjarmasin yang diselenggarakan dari tanggal 11 sampai dengan 13 Juli 2022.

Seperti yang di ketahui Program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) adalah program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik. Hal ini senada dengan arah kebijakan Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor yang mengharapkan melalui program ini mampu menciptakan lapangan kerja di banua khususnya bagi pelaku ekonomi kreatif yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

Menteri Pariwisata dan Ekomomi Kreatif RI Sandiaga Uno dalam kesempatan itu menyampaikan kegiatan seperti ini harus kita dukung untuk generasi muda ke depannya sehingga nantinya akan bermunculan para usahawan dan pelaku ekonomi kreatif yang handal serta berjiwa saing tinggi di tengah dunia perdangan global seperti saat ini. Karena itu, untuk memperkuat sektor ekonomi kreatif yang bersanding erat dengan sektor pariwisata, pihaknya selain melakukan pendampingan dan mentoring juga memberikan pelatihan-pelatihan (workshop) agar UMKM semakin tumbuh dan berkembang dengan baik. “Produk-produknya ini memiliki kualitas untuk ekspor, kita ingin ini menjadi peluang usaha dan lapangan pekerjaan. Kami siap berkolaborasi dengan tim dari Rumah Kreatif dan Pintar,” kata Sandiaga.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan H.Sahbirin Noor yang mendapingi kunjungan kemenparekraf RI menyampaikan
, saat ini Kalimantan Selatan tengah berupaya melakukan transformasi ekonomi dari sumber daya tak terbarukan menuju sumber daya terbarukan dan saat ini kita tentunya tengah berupaya melakukan transformasi sumber daya alam tak terbarukan ke sumber daya terbarukan. Kita ke arah terbarukan seperti pertanian, peternakan pariwisata, UMKM dan yang lainya. Kita tentunya mendukung dan mengapresiasi, upaya yang dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk meningkatkan ekonomi Kalimantan Selatan,” kata Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel.

H.Husairi Abdi, Lc Plt. Bupati Hulu Sungai Utara menyampaikan apresiasi dan bangga dengan Pokmas Maju Bersama Desa Haur Gading yang berhasil untuk tampil dan mengikuti Pameran Apresiasi Kreatif Indonesia (AKI) kali ini. Dengan perjuangan yang tentunya tidaklah mudah Pomas Maju Bersama mengikuti seleksi dari 6571 peserta dari 16 daerah se indonesia. Kabuparen Hulu Sungai Utara yang sebagian besar terdiri dari lahan rawa dan gambut tentunya mempunyai keanekaragaman flura dan fauna yng merupakan anugerah yang harusnya kita syukuri. Tentunya dengan visi dan mainset yang fositif sehingga dapat mengolah anugerah dengan baik sehingga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi yang dapat mensejahterakan masyarakat Hulu Sungai Itu sendiri.
Ayaman purun yang merupakan kerajinan ayaman yang patutnya kita lestarikan secara turun temurun dari generasi ke generasi tentunya dengan sentuhan dan olahan yang modern dan terkini akan menghasilkan produk yang bernilai estetik dan jual tinggi sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kota Banjarmasin menjadi salah satu tuan rumah ajang kreasi untuk produk-produk kreatif dalam pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) yang berlangsung di 16 kota/kabupaten di Indonesia kegiatan ini berlangsung di hall Duta Mall Banjarmasin dengan menampilkna 20 stand yang menggelar berbagai produk keatif dan kekinian sehingga pengunjung dibuat terkesima dan tertarik untuk membelinya.

Bagikan:

Iklan