GAMBUT, infobanua.co.id –  Seminar stunting tingkat Kabupaten Banjar tahun 2022 digelar di Aston Banua Hotel and Convention Center, Gambut, Selasa (13/12/2022) pagi.

Keynote Speaker Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas memaparkan tentang “Intervensi Gizi Sensitif Penguatan Pembangunan Gizi Lintas Sektor bekerja sama dengan PKK”.

Nurgita Tiyas menyebut, stunting adalah suatu keadaan terhambatnya tumbuh kembang anak. Menurutnya, dalam sikologi perkembangan manusia mengalami siklus kehidupan dari dalam rahim ibu hingga terlahir di dunia dengan tahapan-tahapan usia baik anak, remaja, dewasa awal, akhir dan lansia.

” Ini harus kita buktikan bukan hanya sebagai argumentasi tetapi juga harus berdasarkan data dan fakta dilapangan,” ujarnya.

Ia berharap stake holder terkait melalui seminar tersebut dapat meningkatkan pelayanan baik ditingkat kesehatan, pendidikan maupun perekonomian.

Sementara Kepala Dinkes Yasna Khairina mengatakan, ada 46 desa Lokasi khusus (Lokus) yang menjadi perhatian stunting, salah satunya Desa Pambantanan Kecamatan Sungai Tabuk.

Dalam ranah intervensi gizi spesifik pihaknya memberikan tablet tambah darah kepada ibu hamil dan remaja putri. Selain itu juga memberikan makanan tambahan kepada ibu hamil yang kurang energi kronis dan bayi atau balita yang berat badan serta gizinya kurang.

” Kedepan kami juga akan berkolaborasi dengan Pokja RSUD Ratu Zaleha Martapura untuk menambah lagi pakar-pakar yang bisa terlibat di penurunan stunting,” pungkasnya.

Narasumber lainnya dari Tim Ahli Gizi RSUD Ratu Zaleha Martapura Taufik Rahmadi memaparkan terkait “Penyamaan Persepsi dan Tatalaksana”.

Kegiatan dihadiri Kepala Dinsos P3AP2KB Hj Siti Hamidah dan Sekretaris DPMD Noon Zairina, para camat, lurah, pambakal dan Kepala UPT Puskesmas di wilayah Kabupaten Banjar.

Yus/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *