infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Gelar Sosper RUED di Kelurahan Maridan, Bahruddin Muin: Peranan Energi Penting Bagi Peningkatan Kegiatan Ekonomi

Gelar Sosper RUED di Kelurahan Maridan, Bahruddin Muin: Peranan Energi Penting Bagi Peningkatan Kegiatan Ekonomi

PENAJAM, infobanua.co.id – Baharuddin Muin DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali melaksanakan sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 8 Tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Kalimantan Timur di titik di Daerah Pilihan (Dapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) – Kabupaten Paser, Sosper ini tepatnya di Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara (PPU) Minggu, (9/10/2022).

Baharuddin Muin mengemukakan, bahwa gas dan batubara yang berbasis fosil masih menjadi komoditas ekspor utama dalam menopang devisa negara. Sebagai pemenuhan kewajiban kontrak jangka panjang.

“Di sisi lain, pemanfaatan gas bumi domestik belum optimal, karena terbatasnya infrastruktur gas sehingga penyebaran konsumsi gas dalam negeri yang masih rendah. Akibatnya penciptaan multiplier effect bagi ekonomi domestik, terutama pengembangan industri, penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan nilai tambah belum maksimal,” tutur Baharuddin.

Dalam kesempatan itu Legislator provinsi Kaltim Dapil PPU – Paser menyampaikan, penyediaan sumber energi dalam jangka panjang perlu dikelola dan diproyeksikan dengan baik untuk mengantisipasi kebutuhan energi sektor penggunaan antara lain Industri, transportasi, rumah tangga, komersial dan sektor lain dan non energi.

“Untuk itu perlu dibuat RUED yang berdimensi waktu lebih kurang 30 Tahun kedepan sampai dengan 2050 dan dievaluasi setiap 5 tahun. Daerah menyusun RUED sebagaimana diamanatkan langsung oleh UU nomor 30 tahun 2007 tentang energi,” ujarnya.

Demikian, Politisi melambangkan kepala burung Garuda itu mengatakan, hadirnya perda ini dimaksudkan demi terwujudnya ketahanan dan kemandirian energi yang rendah emisi dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Karena peranan energi sangat penting bagi peningkatan kegiatan ekonomi dan ketahanan nasional, sehingga pengelolaan energi harus dilaksanakan secara berkeadilan, berkelanjutan, rasional,optimal dan terpadu,” tandasnya.

 

Reporter : Syahid Rahman
Editor : Ibrahim

Bagikan:

Iklan