infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Masyarakat Desa Kayakah Peringati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

Masyarakat Desa Kayakah Peringati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

Amuntai, infobanua.co.id – Bulan Rabiul Awal atau disebut dengan bulan Maulid, merupakan momen istimewa bagi umat muslim karena menandakan kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW ke dunia. Tak heran jika di bulan rabiul awal, banyak umat muslim yang memperingatinya dengan berbagai kegiatan.

Seperti hal nya yang dilaksanakan masyarakat Desa Kayakah Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang menyambut hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, di gelar di Pondok Pesantren Kun Anta Al Amin Kayakah. Kamis (13/10/2022)

Kegiatan diawali dengan pembacaan syair-syair maulid, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Bripda Muhammad Ahlun Nazar, setelah itu dilanjutkan dengan tausyiah oleh Habib Aqil bin Salim Baharun dari Gresik Jawa Timur, serta doa bersama.

Dalam tausyiahnya Habib Aqil bin Salim Baharun menyampaikan, melalui peringatan maulid Nabi Muhammad SAW agar dijadikan untuk mempererat persatuan umat islam serta mempererat tali silaturahmi.

“Ini salah satu contoh ajaran Nabi Muhammad yakni silaturahmi, kunjungi saudaramu maka akan menimbulkan kecintaan, kita mengunjungi saudara maka akan mendapatkan pahala silaturahmi, dengan silaturahmi itu salah satu cara Allah SWT menurunkan rahmatnya” ucapnya.

Selain itu ia juga menekankan akan pentingnya untuk memiliki akhlak, moral atau budi pekerti yang baik sebagai umat Nabi Muhammad SAW dalam menjalani kehidupan dan menghadapi perkembangan zaman seperti saat ini.

“Yang mulai hilang saat ini ialah akhlak, budi pekerti, sopan santun, kita lihat kerusakan moral pemuda pemudi hanyut tergerus perkembangan zaman terlena dengan gemerlap dunia, dimana akhlak moral dan sopan santun ini diajarkan kalau bukan dipondok pesantren sebagai benteng umat islam,” ungkapnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan