infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis Disambut Antusias Warga

Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis Disambut Antusias Warga

AMUNTAI – Puluhan warga di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 56 tahun 2020.

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan berkerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten HSU dan RSUD Pambalah Batung yang menjadi tempat lokasi pelaksanaan bakti sosial, Rabu (28/10/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU dr. H. Agus Fidliansyah dalam wawancaranya mengatakan, Kegiatan operasi katarak gratis dilaksanakan dua hari dari tanggal 28 Oktober sampai 29 Oktober dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

“Jumlah pasien yang mendapatkan operasi gratis katarak sebanyak 36 orang, dilaksanakan dua hari, hari ini dan besok,” ucap Agus

Agus juga menyampaikan meskipun saat ini di tengah pandemi wabah Covid – 19 yang menjadi titik fokus semua orang, masalah masalah kesehatan lainnya jangan diabaikan, maka dari itu penyakit lainya harus di perhatikan seperti operasi katarak ini juga kita berikan pelayanan kesehatan.

“Ini buktinya kami jajaran kesehatan dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota kompak satukan tekat meskipun di tengah pandemi pelayanan kesehatan lainnya harus dilaksanakan, dengan tetap standar protokol kesehatan,” tambah Agus.

Kegiatan operasi katarak pada tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya, dimana meraka para pasien operasi katarak diwajibakan mengikuti serangkaian tahapan pemeriksaan medis dan protokol kesehatan seperti melakukan swab.

“Pasien operasi katarak harus dilakukan skrining, dulu kita hanya memeriksa kondisi pasien baik secara umum seperti tidak menderita diabetes, kencing manis, tidak hipertensi dan katarak nya siap untuk di operasi, tapi di tahun ini para pasien harus melakukan swab sebelum melaksanakan operasi katarak,” pungkasnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan