infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Satpol PP dan Damkar HSU Laksanakan Vaksin Rabies

Satpol PP dan Damkar HSU Laksanakan Vaksin Rabies

Amuntai – Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Hulu Sungai Utara, melalui Bidang Linmas dan Damkar HSU melakukan kegiatan vaksinasi virus rabies bagi karyawan damkar yang bertugas secara langsung menangani hewan, Senin 26 Juni 2023 di Puskesmas Sei Malang.

Virus rabies atau lebih dikenal dengan penyakit anjing gila merupakan penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia. Biasanya,hewan yang membawa virus ini adalah anjing , kucing, kera ,dan kelalawar .

Untuk mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi terhadap petugas damkar, maka Kepala Bidang Linmas dan Damkar HSU,Barkat Syahrul Kalam berupaya memberikan perlindungan kepada anggotanya yang bertugas menangani hewan dengan melakukan pemberian vaksin kepada anggotanya.

Adapun vaksin yang diberikan berupa vaksin Profilaksis Pra -Pajanan (PrPP) dimana vaksin ini bisa diberikan pada manusia yang belum terpapar dan orang – orang berisiko tinggi terhadap pekerjaan nya,hal tersebut disampaikan oleh Barkat Syahrul Kalam saat mendampingi anggotanya.

“Orang – orang ini merupakan petugas yang secara langsung bersentuhan dengan hewan ,jadi kami berupaya melindungi mereka dengan memberikan vaksin,dimana vaksin ini berguna untuk membentuk antibodi agar sistem kekebalan tubuh mampu melawan infeksi virus sejak awal,”jelasnya.

Bagikan:

Iklan