infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Operasi Zebra Mahakam, Sementara Beri Teguran

Operasi Zebra Mahakam, Sementara Beri Teguran

PENAJAM, infobanua.co.id – Operasi Zebra Mahakam telah berakhir Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berhasil menjaring 200 pelanggar selama pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2022 dari 3 sampai dengan
16 Oktober 2022.

Sementara dalam operasi tersebut, pihaknya hanya memberikan tindakan bersifat teguran agar meminimalisir tidak terjadi fatalitas bagi pengendara yang melintas.

Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan melalui Kasat Lantas Polres PPU AKP Arif Ridho saat ditemui diruang kerjanya, mengatakan hasil pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam tahun 2022 yang berjalan selama 14 hari itu berhasil menjaring 200 pelanggar.

“Kami telah melakukan penindakan berupa teguran terhadap 200 pengendara motor dan pengemudi mobil,” ujar Kasatlantas, Senin (17/10/2022).

Lanjutnya, dari jumlah tersebut, pelanggaran yang didapatkan cukup beragam, Namun yang paling mendominasi adalah pelanggaran tidak menggunakan helm.

“Pelanggaran paling banyak ditemukan pada roda dua, rata-rata tidak menggunakan helm,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam operasi Zebra Mahakam 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bagi pengendara roda du maupun roda empat dan agar lebih mematuhi dan meningkatkan kesadaran bagi pengendara saat berlalu lintas.

“Tidak henti hentinya kami terus mengingatkan masyarakat untuk memenuhi kelengkapan dalam berkendara, kesadaran ini harus dibangun dengan tujuan meminamlisir tingkat fatalitas di jalanan,” beber Arif.

Bukan hanya pengguna jalan, Kasatlantas juga telah mengimbau dan memberikan surat peringatan kepada para peminta sumbangan yang berada dijalan raya. Karena kegiatan itu sangatlah beresiko tinggi bagi para pengguna baik itu peminta sumbangan ataupun pengendara motor.

“Kemarin beberapa tempat kita lakukan peneguran juga misalnya orang-orang yang meminta sumbangan di pinggir jalan sudah kita datangi dann kita berikan surat. Kita berikan teguran,” kata Kasatlantas.

Selain itu, Satlantas Polres PPU juga rutin melaksanakan kegiatan sosialisasi terhadap pendidikan lalulintas di sekolah-sekolah.

“Kita juga melakukan sosialisasi tertib lalulintas bagi pelajar, dan juga melakukan sosialsi tertib lalu lintas di jalan secara rutin,” ungkapnya.

Reporter : Syahid Rahman
Editor : Ibrahim

Bagikan:

Iklan