infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Festival Belian Adat Paser Nondoi 2022 Resmi Digelar

Festival Belian Adat Paser Nondoi 2022 Resmi Digelar

PENAJAM, infobanua.co.id – Festival Belian Adat Paser Nondoi kembali digelar secara meriah di Penajam Paser Utara (PPU) tahun 2022. Sebelumnya dua tahun lalu acara adat tahunan ini digelar dengan sederhana melihat kondisi pandemi covid-19.

Festival tahunan sebagai sarana pelestarian budaya adat masyarakat Paser. Pada tahun sebelumnya, festival ini digelar selama tujuh hari, namun pada tahun ini pagelaran ini akan digelar selama empat hari mulai pada tanggal 24 Oktober sampai 27 Oktober 2022.

Pada tahun ini, festival Belian Adat Paser Nondoi mengangkat tema khusus yang serupa dengan pengertian Bhinneka Tunggal Ika dengan bahasa Suku Paser, yaitu Mayang Aso Erai Tumpa, Kelapa Aso Erai Langgar (Walaupun Berbeda-Beda, Tetapi Tetap Bersatu).

“Alhamdulillah hari ini kita bisa kembali menggelar acara adat Nondoi, meski festival ini belum bisa dilaksanakan selama seminggu, semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) PPU, Andi Israwati Latief, Rabu (24/10/2022).

Dijelaskan Andi, kegiatan Ini akan dimeriahkan oleh berbagai pergelaran mulai dari parade seni dan budaya serta bazar UMKM lokal.

“Festival ini akan dimeriahkan mulai Tari Massal Mayang Aso Erai Tumpa, Kelapa Aso Erai Langgar, Tampilan Arang Juwata, Tepung Tawar dan Larung Jakit,” sebutnya.

Bukan hanya parade seni, kali ini, berbagai lomba juga turut memeriahkan festival, mulai dari lomba tari Kreasi Ronggeng, lomba puisi bahasa laser, lomba senam ronggeng, lomba pidato bahasa Paser dan lomba cerdas cermat Paser mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP sampai SMA sederajat.

Reporter : Syahid Rahman
Editor : Ibrahim

Bagikan:

Iklan