Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi Roy Rizali Anwar bertindak sebagai pembina upacara Apel Bela Negara ke-74 Tahun 2022 di Halaman Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru pada Senin (19/12).

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya berharap seluruh warga negara dituntut memiliki semangat kesadaran dan kemampuan bela negara.

Selain itu, harus mempunyai daya tangkap dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang.

“Oleh karena itu kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produkti, inovatif, dan berdaya saing, serta memiliki kesadaran bela negara,” sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo yang disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar.

Apel peringatan Hari Bela Negara ke 74 bertema “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku” ini pimpin Sekdaprov Kalsel, diikuti sejumlah pejabat tinggi pratama dan ASN lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel.

Dalam amanat Presiden juga, disebutkan bahwa bela negara adalah sikap perilaku dan tindakan warga negara baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dan negara.

Bela negara juga merupakan penghormatan bagi warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Lebih lanjut, nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara.

Nilai-nilai inilah ujar Jokowi, yang harus menjadi program pembinaan kesadaran bela negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

Presiden pun mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing dan ikut serta dalam bela negara.

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,” ajaknya.

Fad/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *