Nunukan, infobanua.co.id – Bertepatan dengan Natal dan Tahun baru merupakan Rutinitas dilaksanakan ummat christiani Setiap Tahun Merayaan Natal yang jatu pada tanggal 25 desember, sehingga kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberi Nama Operasi Lilin.

Menurut AKP I Eka Berlin Jabatan Kabag OP Polres nunukan  Polda Kalimantan  Utara pada saat memimpin upacara pada Pos pengaman jalan TVRI setelah selesai dijumpai jurnalis Rekan Yuspal.

Saat di tanya terkait baris berbaris dan sejumlah gabungan baik dari TNI, Kepolisian,satpil PP ,dari pemadam kebakaran, dinas perhubungan dan linmas mereka bergabung jadi satu.

Lanjud  AKP I Eka Berlin mantan Kapolsek   sebatik Timur  bahwa  kami sedang melaksanakan kegiatan atau menjadi suatu tindakan kepolisian berupa operasi kayan lilin dengan sandi lilin 2022 dalam pelaksanaannya operasi ini dimaksud adalah untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang melaksanakan liburan akhir tahun dan masyarakat  utamanya Ummat Christiani yang menjalankan ibadah perayaan natal sehingga masyarakat yang menjalankan ibadah Natal maupun yang berlibur dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan.

Masyarakat  dalam keadaan aman tertib dan lancar,  kemudian untuk kegiatan tersebut operasi ini ada 14 posyan yang tersebar di seluruh Kabupaten Nunukan dan dua pospam pospam 24 jam memberikan pelayanan merupakan kegiatan-kegiatan seperti patroli pengatur lalu lintas pengurangi kemacetan dan upaya-upaya preventif lainnya seperti patroli dan sebagainya.

Kemudian itulah posyan memberikan informasi dan Posyan adanya di tempat-tempat seperti pelabuhan Dermaga, bandara Terminal dan tempat lainya sebagainya.

Operasi ini mulai dari tanggal 23  Desember 2022 sampai tanggal 2 Januari 2023 dan operasi ini dilaksanakan secara terpusat Jadi seluruh Indonesia yang terlibat adalah anggota Polri TNI dan instansi terkait dibawah satu Komando operasi lilin.

Pasukan beriman patroli dan berada ditempat yang sama dengan rekan rekan TNI yang lain seperti sterilisasi digerakkan sebelum ibadah.

Lanjud Berlin mantan Kapolsek sektor kawasan Pelabuhan itulah digelar operasi lilin untuk mengantisipasi hal-hal tersebut yang mulai berjalan tanggal 23 Desember  hingga sampai pada tanggal 2/01/ 2023.

Lanjud AkP I Eka Berlin Mantan Kasat Reskoba polres Nunukan bahwa untuk saat ini kita tetap berhati-hati tetap waspada dalam hal ini masyarakat  tidak usah khawatir silakan melaksanakan aktivitas karena kami siap memberikan pelayanan Rasa dan  yang terbaik ujar AKP I.Eka Berlin Jabatan Kabag OP saat melaksanakan operasi lilin gabungan  terdiri dari Kepolisian, TNI,Satpol PP dinas Perhubungan, dinas pemadam kebakaran, brimob dan intansi lainya ujar Berlin menghakhirinya .(Yuspal)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *