Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan melaksanakan Haul Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) ke-18 Tahun 2023, hal ini disampaikan pada Jumpa Pers di kediaman Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor di Jalan Kertak Baru Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Jumpa pers dipimpin oleh KH Wildan Salman (Guru Wildan) dan dihadiri oleh sejumlah ulama Banua, yakni Habib Ali, KH Mukeri Yunus, Guru Supian Al-Banjari, Guru Juhran, Fauzan Saleh serta dihadiri Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Ketua DPRD Kalsel Supian HK dan Sekdaprov Roy Rizali Anwar.

“Haul Akbar Guru Sekumpul akan dilakukan pada malam Jumat tanggal 26 Januari, bertempat di kediaman gubernur di Kampung Keramat, mudah-mudahan bisa terlaksana dengan sukses dan mudah-mudahan diterima oleh Allah SWT,” ujar Guru Wildan, Minggu malam (8/1/2023).

Guru Wildan juga menjelaskan jika Haul Sekumpul di kediaman gubernur akan dilaksanakan dengan terbuka untuk umum dan akan mengundang tamu dari luar daerah.

“Kita akan mengundang tamu dari Jawa dan khususnya dari Pesantren Tebu Ireng Jombang, mulai pengasuh pesantrennya, mualiminnya dan pimpinan Ponpes serta santrinya, mereka merespon dengan baik dan akan menghadirinya,” lanjutnya.

Disampaikan pula acara haul nanti boleh dihadiri dari tamu luar negeri karena ini haul untuk semua umat.

“Selain itu akan hadir penceramah, KH Ahmad Mustain Syafii, ahli tafsir dari Tebu Ireng Jombang dan Insya Allah akan hadir,” tambahnya.

Informasi terkait pelaksanaan haul serupa juga akan dilaksanakan di beberapa daerah seperti Kalteng, Kaltim dan di luar Kota Martapura, semisal Tapin, Hulu Sungai juga akan melaksanakan Haul Guru Sekumpul.

“Apalagi kita yang masih di kawasan Martapura, tentu akan melaksanakannya,” tandasnya.

Ron/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *