infobanua.co.id
Beranda BANJAR Bank Sampah Sekumpul, Tawarkan Berbagai Inovasi Bagi Nasabah

Bank Sampah Sekumpul, Tawarkan Berbagai Inovasi Bagi Nasabah

Martapura, infobanua.co.id – Bank Sampah Sekumpul hadir dengan beberapa inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh para nasabah, yaitu :
-Tabung sampah jadi rupiah
-Tukar saldo sampah dengan sembako
-Tukar saldo sampah dengan makan dan minum di kedai.
-Tukar saldo sampah buat bayar PDAM, listrik, BPJS, beli pulsa dan token listrik.

Rincian inovasi tersebut dijelaskan Direktur Bank Sampah Sekumpul Dewi Heldayati pada saat dialog dengan Televisi Kementerian Kominfo RI GPR Tv di Program Kominfo News Room, dipandu presenter Mona Azhari Nissaq secara tapping melalui zoom di Command Center Manis, Selasa (17/1/2023) siang.

Dikatakan Dewi, secara garis besar cara kerja sistem pengelolaan sampah di Bank Sampah Sekumpul adalah masyarakat melakukan pemilahan dari rumah, kemudian mendaftar menjadi nasabah dan akan diberikan buku tabungan untuk administrasi tabungannya.

“Kemudian sampah dikelompokkan kembali untuk dilakukan pencacahan serta packing untuk di jual kembali,” ujarnya.

Selain menunggu nasabah menabung sampah yang sudah dipilah, pihaknya juga melakukan layanan angkutan sampah rumah tangga untuk residu dengan sistem jasa.

Ditambahkan, pengelolaan Bank Sampah Sekumpul hingga berkembang seperti saat ini melibatkan semua pihak, yang peduli terhadap penanganan sampah.

“Kita menggandeng tokoh agama, tokoh masyarakat, sekolah, perguruan tinggi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten dan Provinsi Kalimantan Selatan serta instansi lainnya yang tidak mengikat serta peduli untuk melakukan pemilahan sampah dari sumbernya,” tutupnya.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan