Rantau, infobanua.co.id – Dalam rangka belajar pembinaan dan pengembangan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM), Darma Wanita Persatuan Kabupaten Tapin, melakukan kunjungan study tiru UMKM Tenun Kubang dan UMKM Aufa Hakim di Kota Bukit Tinggi dan Kabupaten Lima Puluh Kota Payakunbuh Provinsi Sumatera Barat. Rabu 18-21 Januari 2022.

Studi Kaji Tiru di Pimpin Oleh Pj Sekda Tapin H Syamsir Rahman dan Pj Ketua DWP Tapin Rizki Yulia Syamsir Rahman dan Penasehat DWP Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan.

Turut serta Asisiten Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala BPKAD, Kepala BKPSDM, Kepala Dinas PPKB, Kepala Dinas P3A dan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dan Kepala Bagian Kesra serta Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Tapin serta jajaran pengurus DWP Kabupaten tapin.

Dalam kunjungan itu Rombongan Kab tapin di sambut oleh UMKM Tenun Kubang dan UMKM Aufa Hakim Kota Bukit Tinggi dan Kab Lima Puluh Kota Payakumbuh Prov Sumatera Barat.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin H Syamsir Rahman dalam sambutannya mengatakan maksud dan tujuan kami datang kesini untuk belajar banyak di Kota Bukit Tinggi dan Kabupaten Lima Puluh Kota Payah Kumbu Provinsi Sumatera Barat terkait pembinaan dan pengembangan UMKM.

“Dengan belajar pembinaan dan pengembangan UMKM tersebut nantinya mudah-mudahan bisa menjadi bahan perbandingan dan bahan pembelajaran bagi Kabupaten Tapin,” tuturnya mengawali sambutan.

Menurutnya keberadaan usaha menengah kecil dan mikro yang ada di Tenun Kubang dan UMKM Aufa Hakim ini awalnya jaya dan sempat menurut serta kembali jaya dalam pengembangan usahanya, nah strategi iuntuk kembali bangkit ini bisa kita tiru dan kaji di Kabupaten Tapin untuk mengembangkan hal yang sama.

“Dari awal mulanya jaya, kemudian menurun dan bangkit lagi UMKM Kota Bukit Tinggi dan Kabupaten Lima Puluh Kota Paykumbuh Sumbar ini, tentunya bisa kita kaji dan tiru untuk dikembangkan di Tapin,“ ujar Pj Sekda.

Dikatakannya bahwa Kabupaten Tapin tidak bisa mengandalan dari sumber daya alam yaitu batubara, kedpean akan habis, tentunya yang lebih baik mulai saat ini dapat mengembangkan dari sektor UMKM, Pariwisatadan Pertanian untuk bisa menjadi andalan.

“Berharap hasil dari kaji tiru ini, DWP Tapin dapat menindaklanjutinya melalui program kerjanya di tahun 2023 ini,“ harapnya.

Sementara Pj Ketua DWP Rizki Yulia mengatakan, syukur alhamdulillah kami DWP Kab Tapin didampingi penasehat DWP bisa melihat langsung dan mengkaji pengolah kain tenun di daerah kubang Sumbar.

“Yang mana kita lihat langusng bisa meniru bagaimana kredibiltas dan inofasi mereka dalam mengolah berbagai macam motif dan corak yang bisa memadukan sehingga bersaing di pasaran, inilah yang kita kaji tiru,“ katanya.

Penasehat DWP Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin berharap dengan pembelajaran DWP Persatuan Kab Tapin ke Kab Lima Puluh Kota Payakumbuh bisa bermanfaat  baik DWP maupun seluruh masyarakat di Kab Tapin.

Fad/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *