BATULICIN, infobanua.co.id- Presiden Ir Joko Widodo belum lama tadi mengungkapkan,.Yang patut disyukuri saat ini,bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih cukup baik diatas 5,72 persen ditahun triwulan terakhir 2022.

1 tahun ini terakhir 5,22 persen dan itu sangat bagus dibanding pertumbuhan negara lain yang jauh dibawah 5 persen.

Kemudian ,dari segi inflasi kita juga masih relatif terkendali 5,41 persen diakhir tahun ,dimana itu menurun pada bulan September 5,9 persen ,kemudian Oktober 5,7 persen , Nopember,5,4 persen dan Desember naik sedikit 4,5 persen.

Hal ini disampaikan Mendagri Tito Karnavian dalam Rakor penanganan Inflasi Nasional secara Daring ,Selasa (24/01/2023) di Sekretariat Kemendagri terhubung ke DLR Kantor Bupati Tanah Bumbu yang dihadiri Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir.H.Riduan.

Mengingat arahan Presiden pada Rakornas kemarin berkaitan erat dengan penanganan inflasi yang dihadiri pengambil kebijakan di Daerah.

Adapun prihal yang dipaparkan Tito Karnavian dari arahan Presiden itu yakni ,
Dalam hal pengendalian inflasi , pertama para kepala daerah diminta pantau langsung dilapangan dan hari hati dalam mengatur taraf PDAM maupun angkutan umum.

Kedua,turunkan kemiskinan extrem sampai target 0 persen pada 2024.

Ketiga ,Dorong kepala daerah untuk turunkan stunting dibawah 14 persen di tahun 2024.

Keempat,segera selesaikan dua masalah besar investasi yakni kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR) dan persetujuan bangunan gedung (PBGD).

Kelima , maksimalkan pengelolaan keuangan daerah dengan bangun dana abadi dan pastikan APBD dibelanjakan untuk produk produk buatan dalam negeri.

“Yang tak kalah penting dalam penanganan ini adalah menjaga stabilitas politik dan keamanan menjelang pemilihan umum (pemilu) ditahun 2024.”tuturnya.(. )

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *