infobanua.co.id
Beranda Nunukan Wabup Nunukan Hadiri Pengukuhan Pengurus Saka Bhayangkara Polres Nunukan

Wabup Nunukan Hadiri Pengukuhan Pengurus Saka Bhayangkara Polres Nunukan

Nunukan, infobanua.co.id – Kapolres Nunukan Taufik Nurmandia selaku Ketua Mabisaka, mengukuhkan Pengurus Saka Bhayangkara Polres Nunukan. Wakil Bupati Nunukan selaku Ketua Kwarcab Pramuka Nunukan bersama dengan para pengurus Pramuka Cabang Nunukan turut hadir menyaksikan prosesi pengukuhan, di Aula Sebatik Polres Nunukan, Jumat (03/01).

Kita ketahui bersama bahwa Saka dibentuk salah satu upaya membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan menjaga keutuhan NKRI.

Ada beberapa Saka yang telah terbentuk di Kab. Nunukan yaitu, Saka Bahari di bawa naungan TNI AL/Lanal Nunukan, Saka Wira Kartika di bawah naungan TNI AD/Kodim, 0911 Nunukan, Saka Bhakti Husada dibawah naungan Dinas Kesehatan, Saka Wana Bakti dibawah naungan Upt. Dinas Kehutanan, Saka Widya Budaya Bakti dibawah naungan Dinas Pendidikan, Saka Kencana Bumi dibawah naungan Dinas Pertanian, Saka Kencana Keluarga Berencana, dan Saka Bhayangkara di bawah naungan Polres Nunukan.

Dari beberapa Saka tersebut hanya empat yang aktif yaitu, Saka Bahari, Wira Kartika, Bhakti Husada, dan Bhayangkara.

Wakil Bupati H. Hanafiah.SE.MSi selaku Ketua Kwarcab sebelum menyampaikan sambutannya, terlebih dahulu memberikan ucapan selamat kepada para pengurus Saka Pramuka Bhayangkara Polres Nunukan yang telah dilantik.

“Saya mengapresiasi kepada Kapolres Nunukan dan jajarannya atas terlaksananya pelantikan dan pengukuhan pengurus Saka Pramuka Bhayangkara ini. Karena ini dibawah naungan kepolisian berarti belajar tentang kebhayangkaraan,”ujar Hanafiah.

Hanafiah juga menyampaikan bahwa yang telah bergabung di saka bhayangkara tentunya akan mendapatkan ilmu kebhayangkaraan dan modal kelak ketika ingin menjadi anggota Polri dan Abdi Negara. Serta memiliki nilai karakter, rwligius, jujur, tileransi, disiplin, keeja keras, mandiri, semangat kebangsaan, peduli sosial, dan tanggungjawab.

“Banyak anak-anak kita yang telah bergabung menjadi anggota pramuka berkeinginan atau bercita-cita menjadi anggota Polisi, TNI,IPDN,dan lainnya. Bahkan yang pertama ada anak Nunukan yang lolos di Sekolah Tinggi Intelijen Negara, saat ini sedang pendidikan. Tentunya banyak sekali manfaat yang kita peroleh dengan bergabung di kepramukaan termasuk Saka ini,” ungkapnya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Nunukan Taufik Nurmandia selaku Ketua Mabisaka juga menyampaikan bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya peran saka bhayangkara dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut.

 

Lanjud kapolres  nunukan Tujuan pengukuhan saka bhayangkara adalah  untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulai, qmempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin, menjadi modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti,”ujar Taufik.

Taufik Nurmandiya selaku kapolres nunukan juga menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu, yang pertama program pencapaian saka bhayangkara teemasuk sistem pembinaannya perlu diwujudkan bersama, seluruh elemen gerakan saka bhayangkara mulai dari kwartir hingga gugus depan perlu dilibatkan untuk mewujudkan pramuka garuda dan pramuka istimewa.

Kedua, dalam rangka mewujudkan sistem informasi pengelolaan anggota dan kelembagaan (SIPAK) Gerakan saka bhayangkara yang terintegrasi  di tingkat kwartir sampai dengan gugus depan, diharapkan agar dapat disukung oleh semua elemen saka bhayangkara.

(Yuspal – hms)

Bagikan:

Iklan