infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Wali Kota Banjarbaru Tinjau Pasar Murah dan Penyerahan Cadangan Pangan

Wali Kota Banjarbaru Tinjau Pasar Murah dan Penyerahan Cadangan Pangan

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru kembali menggelar Pasar Murah, di Halaman Kantor DKP3 Kota Banjarbaru, Selasa (14/02/2023).

Banjarbaru, infobanua.co.id – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru kembali menggelar Pasar Murah, di Halaman Kantor DKP3 Kota Banjarbaru, Selasa (14/02/2023).

Pasar murah ini dalam rangka penanganan inflasi jangka pendek. Pasalnya ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, seperti beras, ayam, daging sapi dan telur.

Wali Kota Banjarbaru H. M. Aditya Mufti Ariffin turut hadir untuk meninjau berjalannya pasar murah dan sekaligus penyerahan cadangan pangan Pemerintah Kota Banjarbaru tahun 2023 kepada masyarakat terdampak banjir, angin puting beliung dan rawan pangan yakni beras sebanyak 5.100 kg.

“Jadi ada beberapa komoditi yang menjadi angka inflasi yang cukup tinggi di Kota Banjarbaru, yaitu daging ayam, daging sapi dan telur. Hampir semua komoditi yang terkait dengan inflasi ada di pasar murah,” ucapnya.

Aditya melanjutkan, seperti tahun kemaren pasar murah juga akan dilaksanakan di 5 Kecamatan se-Kota Banjarbaru. Dari beberapa komoditi yang ada di pasar murah ini mengambil langsung dari produsen sehingga harganya jauh lebih murah.

“Dan mudah-mudahan kita juga bisa melaksanakan pasar murah diseluruh Kelurahan yang ada di Kota Banjarbaru. Tujuannya adalah untuk menekan inflasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DKP3 Kota Banjarbaru Abu Yajid Bustami mengatakan, di pasar murah ini kami datangkan langsung peternak dan petani untuk dijual dengan harga yang miring.

“Untuk daging sapi perkilonya disini kami jual dengan harga Rp110, sementara dipasar dijual hingga Rp160. Mudah-mudahan harga pangan di Banjarbaru bisa stabil dengan adanya pasar murah ini,” katanya.

Selain itu, Abu Yajid juga menyampaikan, stok beras di Kota Banjarbaru di pasar masih cukup tersedia.

“Dan stok beras yang ada di Pemerintah Kota Banjarbaru masih ada kurang lebih 11 ton. Dan tahun 2023 Inya Allah juga kami akan mengadakan stok beras kurang lebih 20 ton, karena di Banjarbaru kebutuhan beras dalam satu tahun kisaran 25 hingga 30 ton beras,” jelasnya.

Direncanakan pasar murah di 5 Kecamatan akan dilaksanakan sebelum menjelang Bulan Ramadan 1444H.

Yus/IB

Bagikan:

Iklan