infobanua.co.id
Beranda TANAH LAUT DPUPRP Tala Sigap, Jalan Rusak Menuju Makam Keramat Istana Diperbaiki

DPUPRP Tala Sigap, Jalan Rusak Menuju Makam Keramat Istana Diperbaiki

𝗧𝗮𝗻𝗮𝗵 𝗟𝗮𝘂𝘁 – Jalan menuju makam keramat Istana Pangeran Datu Ahmad di Kelurahan Karang Taruna yang mengalami kerusakan sudah mulai ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPRP) melalui Bidang Bina Marga. 2

“Kita lakukan penanganan sementara agar aktifitas warga yang masuk baik peziarah dan warga setempat melintasi jalan tersebut lancar,” Kata Kabid Bina Marga DPUPRP Tala, Dwi Putra pada Kamis (23/2/23) di Pelaihari.

Dwi Hadi mengatakan, karena ini sifatnya penanganan sementara pihaknya hanya melakukan penambalan menggunakan agregat di ruas jalan yang mengalami kerusakan parah saja.

“Untuk perbaikan Insya Allah nanti kita masukan di usulan 2024, kalau memungkinkan pembahasan lebih cepat di perubahan 2023 kita usulkan,” ungkapnya.

Diketahui, Dwi Putra menyebutkan penanganan sementara mengunakan anggaran pemeliharaan dengan nilai kurang lebih 180 juta rupiah.

Terpisah, anggota DPRD Tala, Joko Pitoyo yang beberapa hari lalu turun langsung ke lokasi mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pihak DPUPRP Tala dengan melakukan penanganan sementara jalan tersebut.

“Saya mengapreasi langkah DPUPRP Tala, artinya sambil membuat perencanaan 2024 dilakukan penanganan sementara, walau belum sepenuhnya minimal keluhan masyarakat sudah bisa teratasi,” ungkap pria yang kerap disapa Jokopi ini melalui aplikasi perpesanan.

Sebagai informasi tambahan, beberapa hari yang lalu, Sabtu (18/2/23) Jokopi setelah mendapatkan adanya informasi bahwa jalan menuju makam keramat Istana mengalami kerusakan parah dan menyulitkan para peziarah maupun warga setempat melintas, langsung turun ke lokasi.

Melihat kondisi jalan tersebut ia sangat perihatin dan berjanji akan memperjuangkan keinginan para peziarah maupun warga setempat.

Tidak berselang lama Kepala DPUPRP Tala, Syakhril Hadianadi turut datang ke lokasi setelah dihubungi Jokopi via telpon.

Pada kesempatan itu Syakhril Hadianiadi menyampaikan, setelah dilakukan pengecekan dirinya menemukan beberapa segmen kerusakan jalan menuju makan keramat yang cukup parah. “Terima kasih kepada anggota DPRD Tala, Joko Pitoyo yang menginformasikan ke kita atas kondisi jalan menuju makam keramat istana,” ucapnya, Sabtu (18/2) lalu.

Menurut Syakhril, makam keramat ini akan jadi wisata religi yang perlu dipermudah akses masyarakat menuju ke lokasi makam. “Insya Allah di 2024 akan kita programkan, tentunya dukungan dari eksekutif dan legislatif untuk mempermudah layanan transportasi kearah makam. Walau nanti cukup dengan pengerasan jalan, nanti akan kita bikinkan pengerasan jalan sesuai standar ke Bina Margaan sehingga peziarah dan petani bisa melewati jalan ini dengan aman,” ujarnya.

Bagikan:

Iklan