Inovasi Pelayanan, Kantor ATR/BPN PPU Siap Terapkan Program Quick Wins
PENAJAM, infobanua.co.id – Sebagai bentuk percepatan pelayanan Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus mengupayakan terobosan baru dalam pelayanan publik di daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)
Saat ditemui diruang kerjanya, Kepala ATR/BPN PPU Ade Chandra Wijaya mengungkapkan program Quick Wins merupakan bagian dari reformasi birokrasi, dengan pola pikir dan budaya kerja secara sistematis dan konsisten, sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada ATR/BPN Republik Indonesia.
“Dikabupaten PPU ada tujuh layanan Quick Win. Diantaranya pendaftaran SK, roya, hak tanggungan, pengecekan sertifikat, surat keterangan pendaftaran tanah, peralihan hak serta perubahan hak tanpa konstatasi,” kata Ade Chandra, Jumat (3/3/2023).
Selain itu juga Ia menjelaskan Ade Quick Wins merupakan program percepatan pelayanan di ATR/BPN pasalnya, banyak masyarakat menganggap bahwa pelanyanan kantor ATR/BPN itu terkesan lamban dan dengan adanya program layanan Quick Wins tersebut diharapkan bisa merespons keluhan masyarakat
Dikatakan Ade Chandra bahwa ATR/BPN PPU sebelumnya meluncurkan program layanan CERIA yakni singkatan dari Cepat, Ringkas, dan Akurat sejak tahun 2020 lalu. Layanan Ceria ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pelayanan masyarakat.
“Sebelum adanya Quick Win kita sebenarnya sudah berjalan dengan nama Ceria. Jadi dalam pelaksanaan Quick Win sudah sangat siap sekali, karena sejak tahun 2020 Ceria menjadi andalan program ATR/BPN PPU,” tuturnya.
Ia meminta agar masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah tanpa perantara. Sebab, saat ini pelayanan Kantor ATR/BPN PPU lebih cepat dan nyaman dengan adanya program Quick Wins.
Untuk diketahui, Program Quick Win tersebut merupakan turunan program Kementerian ATR /BPN Republik Indonesia. Tentunya, pihaknya akan mengawal sepenuhnya program Quick Wins tersebut agar berjalan optimal.
Reporter : Syahid Rahman
Editor : Ibrahim