infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Buka Seminar, Asisten III Berharap UMKM PPU Naik Kelas

Buka Seminar, Asisten III Berharap UMKM PPU Naik Kelas

Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Penajam Paser Utara (PPU), H. Ahmad Usman membuka secara resmi seminar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

PENAJAM, infobanua.co.id – Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Penajam Paser Utara (PPU), H. Ahmad Usman membuka secara resmi seminar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diselenggarakan oleh PT. Indomarco Prismatama/Indomaret dengan tema “ Strategi peningkatan kualitas produk menuju UMKM naik kelas”, Selasa, (14/3) di Kantor bupati PPU.

Atasan nama pemerintah daerah Ahmad Usman menyampaikan, apresiasi kepada para penyelenggara kegiatan, panitia, stakeholder yang terlibat, serta seluruh peserta yang tergabung dalam acara ini.

“ Saya berharap terselenggaranya acara ini dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat, khususnya melalui UMKM yang dinilai mampu menjadi penyangga ekonomi nasional, termasuk di kabupaten PPU,” tutur Usman dalam sambutannya.

Dirinya berharap bagi Kabupaten PPU sebagai Serambi Ibu Kota Nusantara, keberadaan UMKM mampu mengurangi angka pengangguran dan mampu menekan tingkat kemiskinan, terlebih saat ini masih pada fase pemulihan ekonomi.

Terlebih lagi, lanjutnya dengan dilaksanakannya kegiatan seminar ini, sepatutnya juga mampu memotivasi para pelaku UMKM untuk terus meng-upgrade diri dengan berbagai terobosan, seperti strategi marketing digital serta pengemasan produk yang lebih kreatif dan juga menarik.

“ Dalam kegiatan ini nantinya mampu mendorong para pelaku UMKM, untuk terus mengembangkan diri melalui cara-cara yang lebih kreatif,” beber pria ramah tersebut.

Ahmad Usman yang hadir mewakili bupati PPU ini juga berpesan kepada seluruh peserta, untuk menyadari potensi yang di miliki serta tingkatkan kompetensi dengan lebih baik, sehingga mampu berkontribusi dalam pembangunan daerah dalam skala mikro.

“ Ambil manfaat semaksimal mungkin dari acara ini, sehingga UMKM PPU semakin banyak yang tampil, bersaing dengan kompetitor daerah lain dengan tetap mengedepankan keunggulan kompetitif berdasarkan potensi lokal. Tidak lupa, setelah acara ini selesai pun, hendaknya para pelaku UMKM mampu terus menemukan dan mengenali potensi-potensi baru yang dapat dikembangkan,” pungkasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas KUKM Prindag PPU, Kuncoro mengatakan dengan ditandai banyaknya berdiri toko-toko modern di daerah, bawa sesungguhnya persaingan di dunia usaha khususnya di Benuo Taka ini semakin tinggi. Oleh karena itu kemampuan para pelaku usahapun juga dituntut utuk lebih baik lagi.

“ Namun kami juga tetap menyampaikan edaran pemerintah terkait jam operasional toko modern di kabupaten PPU untuk memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM milik masyarakat lokal agar tidak tertinggal,” kata Kuncoro.

Kuncoro juga berharap bahwa pelatihan tersebut bukanlah menjadi yang pertama dan terakhir dilaksanakan. Namun diharapkan melalui pelatihan tersebut benar-benar mampu menjadi spirit baru bagi para pelaku UMKM yang ada di kabupaten PPU

“Kami sampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini khususnya kepada manajemen Indomart yang telah melaksanakan seminar ini bagi pelaku UMKM yang ada di PPU,” tutupnya. (ADV)

Reporter : Syahid Rahman
Editor : Ibrahim

Bagikan:

Iklan