infobanua.co.id
Beranda Blitar Dinkes Kota Blitar Himbau Warganya Tetap Waspada DBD

Dinkes Kota Blitar Himbau Warganya Tetap Waspada DBD

Nyamuk Aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

Blitar, infobanua.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, dari bulan Januari 2023 hingga Pebruari 2023, telah menemukan sembilan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinkes Kota Blitar, melalui Administrator Kesehatan Ahli Muda Dinkes Kota Blitar, Trianang Setyawan, mengatakan pihaknya meminta kepada warga masyarakat tetap waspada dengan DBD.

“Kami minta warga masyarakat agar tetap waspada dengan penyebaran DBD, karena curah hujan masih tinggi,” kata Administrator Kesehatan Ahli Muda Dinkes Kota Blitar, Trianang Setyawan, Senin 06-03-2023.

Menurut Trianang, dari bulan Januari 2023 hingga bulan Februari 2023 sudah ada sembilan laporan kasus DBD yang masuk ke Dinkes Kota Blitar.

Dengan rincian, bulan Januari 2023 terdapat empat laporan kasus DBD dan bulan Februari 2023 ada lima kasus DBD.

“Untuk bulan Maret 2023 laporan kasus DBD dari fasilitas kesehatan (faskes) belum masuk,” jlentrehnya.

Kemudian pihaknya menghimbau kepada warga masyarakat agar terus waspada dengan penyebaran kasus DBD di masing-masing lingkungannya.

Warga masyarakat diminta tetap menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan melalui 3 M Plus, yakni Menguras, Menutup, Mendaur ulang serta Mencegah gigitan dan perkembangan nyamuk.

“Selain itu kami juga terus mengembangkan kampung bebas jentik di tiap-tiap Kelurahan. Sebab kampung bebas jentik menjadi salah satu upaya pencegahan penyebaran DBD,” ungkapnya.

Hingga saat ini sudah terbentuk 12 kampung bebas jentik yang tersebar di sejumlah Kelurahan.

“Dengan target setiap Kelurahan di Kota Blitar harus memiliki kampung bebas jentik,” pungkasnya.

(Eko.B).

Bagikan:

Iklan