infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Rencana Pemkab HST Gelar Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan

Rencana Pemkab HST Gelar Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bakal gelar lomba Cerdas Cermat Kebudayaan untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) se kabupaten Hulu Sungai Tengah tahun 2023.

Barabai, infobanua co.id  – Dalam rangka menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme dan mengajak generasi muda memahami akan budaya bangsa, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bakal gelar lomba Cerdas Cermat Kebudayaan untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) se kabupaten Hulu Sungai Tengah tahun 2023.

Bupati Hulu Sungai Tengah, Aulia Oktafiandi melalui Kepala Dinas Pendidikan HST Muhammad Anhar, Minggu (26/03/2023) di Barabai mengatakan, kegiatan Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan ini merupakan ajang yang tepat untuk menyebarluaskan informasi mengenai kebudayaan dan sejarah kebangsaan.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari visi dan misi Bapak Bupati HST dalam peningkatan Sumber Daya Manusia melalui pengembangan kebudayaan,” jelas Anhar.

Ditambahkannya lagi, lomba cerdas cermat kebudayaan ini pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebagai program kreatif dari berbagai strategi-strategi baru yang menarik para generasi muda untuk lebih memahami tentang sejarah dan budaya.

Peserta lomba cerdas cermat kebudayaan merupakan siswa tingkat SMP di Kab. HST yang terdiri dari 3 orang siswa setiap sekolah serta 1 orang guru pendamping.

“Pendaftaran akan dibuka secara online pada 27 Maret – 12 April 2023,” lanjut Anhar.

Total hadiah dalam perlombaan ini senilai Rp. 10 juta untuk grup juara 1, 2 dan 3.

Untuk teknis lomba, terdiri dua babak yakni babak penyisihan dan akan terpilih tiga pemenang untuk melanjut ke babak final.

“Melalui lomba cerdas cermat kebudayaan ini, pesan-pesan nilai sejarah dan budaya dapat dihayati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan diharapkan  memberikan peluang kepada peserta untuk melatih jiwa kompetitif dan mengembangkan diri melalui kemampuan yang dimilikii,” ungkap Anhar.

Untuk ketentuan teknis lebih lanjut, seluruh kelompok diwajibkan menghadiri technical meeting (TM) pada Kamis 13 April 2023 yang nantinya seluruh peserta akan dibekali berbagai materi yang akan dilombakan.

Selanjutnya lomba cerdas cermat kebudayaan ini akan dilaksanakan pada minggu kedua Mei 2023 mendatang di Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Pemenang Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan ini nantinya akan mewakili Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada Lomba tingkat Provinsi untuk seleksi ke tingkat Nasional,” ujarnya.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan