infobanua.co.id
Beranda KALTENG Ratusan Warga Demo PT MS 3, Minta Segera Realisasi Plasma 20 Persen

Ratusan Warga Demo PT MS 3, Minta Segera Realisasi Plasma 20 Persen

Camat Telawang, Asyari ketika menemui para pendemo dan menyampaikan agar warga Tanah Putih memikirkan tawaran PT.MS 3. (Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Janji warga turun untuk mendemo PT.Mustika Sembuluh 3, menjadi kenyataan setelah perwakilan warga mengirim surat pemberitahuan untuk demo dilayangkan ke Polres Kotim, Aksi demo sendiri dilaksanakan oleh warga pada Senin(10-4-2023).
Hadir dalam aksi demo tersebut, Kapolres Kotim, Kabag OPS,Kasat Sabara,Kasat Intel beserta anggota,Camat Telawang,Kapolsek beserta anggota,Danramil sedangkan dari pihak perusahaan PT.MS 3 yang hadir, Manager Humas, Rahmad Saleh G, Manager Plasma,Pupung Pemungkas, Manager SSL Roby Alyansyah.

Dalam orasinya yang disampaikan oleh perwakilan warga Desa Tanah Putih, Kecamatan, Telawang ,Kabupaten Kotawaringin Timur, Hendra mengatakan mereka tetap menuntut kepada pihak perusahaan PT.MS 3 untuk segera merealisasikan 20% plasma dari luasan kebun inti.

Hendra juga menegaskan warga yang turun dalam aksi demo saat itu ada sekitar 500 orang, seperti juga ada pihak PT.MS 3 menyampaikan surat pernyataan sikap PT.MS 3 (Estate 3) untuk warga desa Tanah Putih, namun warga desa Tanah Putih belum dapat mengabulkan apa yang disampaikan pihak perusahaan itu.

“Tawaran itu akan kami rapatkan dulu di Desa bersama warga dan kami terlebih dahulu mempelajarinya.”Ungkap Hendra melalui telpon selular kepada infobanua Sampit.

Lebih lanjut Hendra sampaikan kalaupun mereka menerima tawaran tersebut, mereka minta kejelasan berapa hektar yang mau direalisasikan PT.MS 3 setelah Replanting itu. Kalau seandainya mereka hanya diberikan 400 hektar saja secara syah akan mereka tolak dan kalau 800 hektar mungkin akan mereka terima.

“Berdasarkan tanam tumbuh yang masuk dalam wilayah desa Tanah Putih, ada sekitar 4.000 hektar kita ambil 20% berarti 800 hektar yang wajib dikeluarkan pihak perusahaan.”Terang Hendra.

Zainal.

Bagikan:

Iklan