infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur Kirab Barongan Kucingan Kota Blitar Pecahkan Rekor MURI

Kirab Barongan Kucingan Kota Blitar Pecahkan Rekor MURI

Kirab Barongan Kucingan.

Blitar, infobanua.co.id – Dalam rangka memeriahkan dan memperingati Hari Jadi ke-117 tahun Kota Blitar sekaligus mempetingati Hari Tari. Maka Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Blitar, menggelar acara Blitar Menari 2023 dan kirab 1.117 Barongan, dan event ini juga untuk memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Tampak ribuan orang datang menyaksikan kirab 1.117 Barongan Kucingan di jalan Merdeka, Kota Blitar, Sabtu 29 April 2023, malam.

Kirab 1.117 Barongan Kucingan tersebut merupakan acara puncak Blitar Menari 2023 yang digelar di pelataran Monumen PETA, jalan Sudancho Sieprijadi, Kota Blitar pada Kamis 27 April 2023 lalu.

Tampak Ribuan warga terlihat sangat antusias menyaksikan kirab Barongan Kucingan, mereka rela berdiri di kiri-kanan sepanjang jalan Merdeka.

Kirab dimulai dari depan Kantor Cabang BRI Blitar, jalan Achmad Yani hingga depan Kantor Wali Kota Blitar, jalan Merdeka.

Para peserta kirab berjalan dengan memainkan Barongannya.

Sedang para peserta kirab Barongan berasal dari kelompok jaranan dan para anak didik SMP Negeri di Kota Blitar.

Dihalaman Kantor Wali Kota Blitar juga didirikan panggung, dan beberapa kelompok sanggar tari menampilkan tarian di atas panggung tersebut.

Kepala Disbudpar Kota Blitar, Edy Wasono, mengatakan, kirab 1.117 Barongan Kucingan menjadi acara puncak Blitar Menari 2023.

Selain untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Blitar, acara ini juga untuk memelihara, melestarikan dan meningkatkan kesenian tradisional menjadi aset pariwisata di Kota Blitar.

Selain itu event ini juga sebagai media promosi kesenian tradisional, dengan harapan mampu meningkatkan kesejahteraan para seniman yang ada di Kota Blitar.

“Ada 64 kelompok jaranan yang ikut meramaikan acara Blitar Menari 2023. Kami juga melibatkan kelompok jaranan dari sembilan SMP Negeri di Kota Blitar,” kata Kepala Disbudpar Kota Blitar, Edy Wasono.

Sementara Walikota Blitar, Santoso, menuturkan, lewat event ini, Pemkot Blitar ingin memberikan ruang gerak kepada para seniman dan budayawan untuk mengekspresikan talenta khususnya di bidang seni Barongan Kucingan yang menjadi ciri khas Kota Blitar.

Dengan harapan, event Blitar Menari 2023 juga menjadi bagian upaya mengusulkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk kesenian Barongan Kucingan.

“Acara ini sekalian juga dalam rangka mengusulkan HKI agar kesenian Barongan Kucingan ciri khas Kota Blitar tidak dibajak daerah lain dan kami juga ingin mengenalkan kesenian Barongan Kucingan di tingkat Nasional bahkan Internasional,” pungkasnya. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan