infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI SELATAN Apresiasi Serta Dukungan Bupati HSS Kegiatan Sosialisasi Gerakan Revolusi Hijau

Apresiasi Serta Dukungan Bupati HSS Kegiatan Sosialisasi Gerakan Revolusi Hijau

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh camat, lurah dan kepala desa lingkup Kab HSS serta dibuka secara langsung oleh Bupati HSS.

Kandangan, infobanua.co.id – Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Selatan melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Hulu Sungai melaksanakan Rapat koordinasi (Rakor) Revolusi Hijau, bertempat di Gedung Pramuka Jalan Mawar Kelurahan Kandangan Utara.

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh camat, lurah dan kepala desa lingkup Kab HSS serta dibuka secara langsung oleh Bupati HSS.

Dalam sambutannya, Bupati HSS menyambut baik dan menyampaikan apresiasi serta dukungan terhadap kegiatan sosialisasi gerakan revolusi hijau yang dilaksanakan oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan Hulu Sungai sesuai dengan instruksi Gubernur Kalsel.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan kepedulian dan komitmen untuk melindungi, memperbaiki serta memanfaatkan lingkungan hidup serta untuk merehabilitasi luasan dan penyebaran hutan serta lahan kritis yang ada di Kalsel, sehingga untuk rehabilitasi tersebut perlu diperkuat dengan adanya payung hukum dan perda yang mana hal tersebut berlaku di kabupaten/kota.

Bupati HSS juga mengatakan, setelah kegiatan ini pihaknya melalui Dispera KPLH akan menjadwalkan kembali untuk melaksanakan kegiatan penanaman pohon dititik-titik yang membutuhkan.

“ Agar petanya jelas, hari ini dilaksanakan diskusi guna mengetahui lebih detail apa yang dibutuhkan Desa maupun Kecamatan”, ungkap Bupati HSS.

Bupati HSS juga menyarankan kepada masyarakat agar nantinya memilih pohon-pohon yang produktif seperti sengon, durian maupun jengkol dll. Dan kepada Desa yang mempunyai lahan Bupati HSS juga memberikan tantangan jika memungkinkan untuk menggunakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sehingga beberapa tahun kedepan bisa menghasilkan untuk desa itu sendiri, yang mana untuk bibitnya sudah tersedia gratis dan akan diantar sampai ketitik-titik lahan yang sudah ditentukan.

Sebelumnya Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Hj. Fatimatuzzahra, S.Hut, MP meminta agar semua pihak merasa mempunyai kewajiban menanam, serta memelihara pohon dan juga turut meminimalisis terjadinya karhutla, mengurangi perambahan hutan dan alih fungsi lahan yakni dengan gerakan revolusi hijau.

Kadishut Kalsel juga sangat mengapresiasi Bupati HSS beserta jajarannya yang selama ini bekerjasama dengan pihaknya secara maksimal dalam kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan. Yang mana penurunan terbesar luasan lahan kritis untuk wilayah kalsel itu adanya di daerah Hulu Sungai Selatan, ungkapnya.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan