infobanua.co.id
Beranda SUMATERA UTARA Program Gemarikan Diharapkan Atasi Stunting di Asahan

Program Gemarikan Diharapkan Atasi Stunting di Asahan

Acara Sosialisasi Penyajian dan Pengolahan Serba Ikan yang digelar Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, kegiatan yang dilaksanakan di Desa Tinggi Raja, Kecamatan Tinggi Raja itu digelar dalam rangka Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

ASAHAN, infobanua.co.id – Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan Ir. Siti Aisyah, MP mengatakan, setiap tahun pihaknya senantiasa mengajukan program sosialisasi penyajian dan pengolahan serba ikan, mulai dari kegiatan lomba masak serba ikan, memasyarakatkan makan ikan serta kegiatan sosialisasi penyajian dan pengolahan serba ikan.

Hal itu disampaikannya saat acara Sosialisasi Penyajian dan Pengolahan Serba Ikan yang digelar Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, kegiatan yang dilaksanakan di Desa Tinggi Raja, Kecamatan Tinggi Raja itu digelar dalam rangka Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

“Penyajian dan pengolahan serba ikan memiliki peran sentral untuk memasyarakatkan kebiasaan mengkonsumsi ikan karena dapat meningkatkan kecerdasan, pertumbuhan dan menjaga kesehatan,” ungkapnya, Selasa (23/05/2023).

Semakin banyaknya masyarakat yang memakan ikan tentu akan berkontribusi positif bagi pelaku usaha perikanan, selain mengandung protein ikan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat mencegah resiko serangan penyakit seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke dan kanker.

Program Gemarikan diharapkan dapat mengatasi masalah kekurangan gizi kronis

(Stunting) yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang cukup lama dan berdampak pada kegagalan pertumbuhan anak.

“Pencegahan stunting ditekankan kepada Catin Ibu Hamil, Ibu Menyusui Balita dan Ibu yang mempunyai Balita. Untuk tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Asahan saat ini mencapai 4 Kg/kapita/tahun dengan asumsi sekitar 1,2 ons/ orang/hari, sehingga saya berharap melalui kegiatan ini hal tersebut dapat lebih kita tingkatkan”, kata Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin yang juga hadir diacara tersebut.

 

(Zul)

Bagikan:

Iklan