infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur Tim Disperta Nganjuk Lakukan Vaksinasi PMK Pada Hewan Ternak Jelang Hari Raya Kurban

Tim Disperta Nganjuk Lakukan Vaksinasi PMK Pada Hewan Ternak Jelang Hari Raya Kurban

Tims Satgas Penanganan PMK mendatangi kandang ternak sapi milik warga nganjuk untuk percepatan vaksinasi jelang hari raya idul adha

Nganjuk, infobanua.co.id – Setelah penanggulangan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada tahun lalu,saat ini target Pemkab Nganjuk adalah penguatan kesehatan hewan ternak agar tidak tertular menjelang Idul Adha 2023.Demi tujuan tersebut,percepatan vaksinasi hewan ternak khususnya sapi dilakukan oleh Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Nganjuk.

Hal ini bertujuan mengendalikan PMK pada hewan ternak.Neneng Susanti selaku Tim Medik Veteriner Disperta Nganjuk mengatakan,vaksinasi PMK kali ini dilakukan secara door to door dengan mendatangi kandang para peternak.Setidaknya ada empat tim yang mendistribusikan sekitar 300 dosis vaksin,salah satunya di Desa Sekaran,Kecamatan Loceret.

“Kali ini tim vaksinasi menyasar hewan ternak sapi.Baik vaksin dosis pertama maupun booster pertama,karena
sebelumnya sudah dilaksanakan Vaksinasi di Desa tersebut,” terang Neneng,Selasa (20/6/2023).

Neneng menjelaskan,vaksinasi kali ini juga dalam rangka penanggulangan penyebaran virus PMK yang marak di kalangan peternak.Diharapkan virus PMK dapat dikendalikan dengan baik untuk kesejahteraan para peternak.

“Terlebih saat ini menjelang Hari Raya Idhul Adha atau hari raya kurban,sehingga tim vaksinasi gencar melakukan vaksinasi PMK,” kata Neneng.

Maka dari itu,pihaknya mengimbau kepada para perternak sapi dan kambing untuk memastikan kebersihan kandang.Upaya pencegahan PMK yang bisa dilakukan dengan penyemprotan disinfektan serta berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Nganjuk.

“Kegiatan pencegahan PMK ini lebih baik dilakukan dari pada melakukan upaya pengobatan.Akibat PMK bisa diketahui bersama dampak terburuknya bagi para peternak,” tandasnya.

(prs)

Bagikan:

Iklan