infobanua.co.id
Beranda BANJAR Pemkab Banjar Ajak Semua Pihak Dukung dan Kembangkan Inovasi yang Berkualitas

Pemkab Banjar Ajak Semua Pihak Dukung dan Kembangkan Inovasi yang Berkualitas

Bappedalitbang Kabupaten Banjar melaksankan kegiatan Rapat Koordinasi Operator Indeks Inovasi Daerah Kabupaten Banjar Tahun 2023 yang dibuka oleh Kepala Bappedalitbang Hj Siti Hamidah didampingi Kabid Litbang dan Inovasi H Yanuarsa Kamis (22/6/2023)

Martapura, infobanua.co.id – Dalam rangka penilaian Inovasi Daerah sekaligus pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksankan kegiatan Rapat Koordinasi Operator Indeks Inovasi Daerah Kabupaten Banjar Tahun 2023 yang dibuka oleh Kepala Bappedalitbang Hj Siti Hamidah didampingi Kabid Litbang dan Inovasi H Yanuarsa Kamis (22/6/2023) pagi, di aula Bauntung Martapura.

Acara yang dilaksanakan selama 2 sesi ini dihadiri seluruh operator yang telah ditunjuk masing-masing instansi yang terdiri dari SKPD, UPT Puskesmas, UPT Dinas Pendidikan, Balai Penyuluhan Pertanian Kabupaten Banjar.

Membuka acara Hamidah menyampaikan, Kegiatan penilaian inovasi daerah ini dimaksudkan agar dapat mendorong kompetisi positif antar pemerintah provinsi dan antar pemerintah kabupaten/kota dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, sehingga dapat diwujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pembangunan, guna terwujudnya kesejahteraan rakyat.

“Penilaian dan Pemberian Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif untuk Memotivasi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat sesuai dengan kategori sangat inovatif, inovatif, serta memotivasi pemerintah daerah kurang inovatif dan tidak dapat dinilai, mendorong penerapan good governance, meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap proses-proses inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah” ujar Kepala Bappedalitbang.

“Pemerintah pusat akan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang berhasil menerapkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah secara transparan dalam upaya peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah.” Jelas Hamidah.

Menurut Hamidah sapaan akrab Kepala Bappedalitbang, pelaporan inovasi daerah tidak hanya menjadi tugas Bappedalitbang tapi menjadi tanggung jawab bersama.

”Oleh karena itu dan kami butuh dukungan Bapak/Ibu sekalian baik perangkat daerah, pemerintah kecamatan, pemerintah kelurahan, pemerintah desa, serta masyarakat umum, Sehingga kami berharap kita bersama-sama melengkapi data dukung agar inovasi Kabupaten Banjar menjadi inovasi yang berkualitas dan memiliki nilai kematangan yang tinggi,” pintanya.

Perlu diketahui Indeks Inovasi Daerah Kabupaten Banjar Tahun 2021 sebesar 48,62 dengan kategori inovatif. Kemudian indeks inovasi daerah Kabupaten Banjar Tahun 2022 sebesar 52,53 dengan kategori inovatif.

Selain sesi pemaparan materi Indeks Inovasi Daerah oleh Kasubbid Inovasi dan Teknologi Nurul Inayati, acara juga diisi dengan diskusi tanya jawab bersama peserta rapat yang berhadir.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan