Categories: Jawa Timur

Kendaraan Tempur Dari Mabes TNI AD, Sudah Datang di Kota Blitar

Blitar, infobanua.co.id – Untuk melengkapi koleksi pembangunan Museum PETA di jalan Sudancho Soeprijadi, Kota Blitar, Pemeritah Kota (Pemkot) Blitar kembali menerima bantuan hibah pinjam pakai kendaraan tempur dari TNI, berupa tank dan meriam dari Markas Besar (Mabes) TNI AD.

“Kendaraan tempur dari Mabes TNI AD yang sudah datang baru tank, sedang meriam masih menunggu,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Blitar, Edy Wasono, Jum’at 30-06-2023.

Menurut Edy, Tank dari Mabes TNI AD tiba di Museum PETA Kota Blitar pada Sabtu 24 Juni 2023 yang lalu. Saat ini tank diparkir di halaman Musuem PETA bersama kendaraan tempur lainnya.

“Tank dari TNI AD kami letakan di sisi timur. Karena di sisi barat sudah ada tank dan meriam dari Angkatan Laut. Dan di tengah ada pesawat tempur dari TNI AU,” jlentrehnya.

Lebih dalam Edy menuturkan, seharusnya masih ada satu lagi bantuan pesawat tempur dari TNI AU. Namun, karena ukuran pesawat tempur terlalu besar, Pemkot Blitar membatalkan bantuan pesawat tempur dari TNI AU tersebut.

“Sebenarnya kurang satu lagi pesawat dari TNI AU. Kami sudah koordinasi dengan TNI AU dan pesawat tempurnya sudah ada. Tapi ukurannya besar sekali. Nanti malah repot kalau ada kegiatan, karena ukurannya terlalu besar,” ungkapnya.

Masih menurut Edy, sesuai kebijakan pimpinan, Pemkot Blitar akan mencari replika pesawat tempur untuk melengkapi koleksi di Museum PETA.

“Kemungkinan tidak pesawat asli, tapi kami mencari replika pesawat tempur yang ukurannya lebih kecil,” pungkasnya.

Sekedar untuk diketahui bahwa, Sebelumnya, Pemkot Blitar sudah menerima hibah pinjam pakai kendaraan tempur berupa tank dan meriam dari TNI AL serta pesawat tempur dari TNI AU.

Sejumlah kendaraan tempur tersebut sudah lebih dahulu dipasang di halaman Museum PETA.

Koleksi kendaraan tempur yang merupakan hibah pinjam pakai dari TNI tersebut diharapkan menjadi daya tarik bagi Museum PETA di Kota Blitar. (Eko.B).

infobanua

Recent Posts

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Internasional dari Asian Technology Excellence Awards 2024 untuk Kategori Inovasi Automation dan Gaming

  Telkomsel mendapatkan pengakuan internasional dari Asian Technology Excellence Awards 2024 dengan "Indonesia Technology Excellence…

26 menit ago

Proyek Perdamaian di 170 Negara : HWPL Merayakan Satu Dekade Komitmen Global untuk Perdamaian

infobanua.co.id - Dimulai pada tanggal 18 September 2024, HUT ke-10 KTT Perdamaian Dunia HWPL dirayakan…

41 menit ago

Luar Biasa Personel Polsek Bangko Ungkap Peredaran Narkotika Jaringan Internasional

infobanua.co.id ROHIL - Patut diacungi jempol jajaran personel polsek bangko ungkap kasus Tindak Pidana Narkotika…

45 menit ago

Dewan Pers dan KemenPPPA Susun Pedoman Pemberitaan Kekerasan Seksual

Banjarbaru, infobanua.co.id – Dewan Pers, berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI, sedang…

2 jam ago

Nol Desa Tertinggal, Desa Awang Bangkal Barat Contoh Desa Mandiri Berpotensi di Kalsel

Banjarbaru, infobanua.co.id - Kolaborasi antara pemerintah dan swasta/ lembaga non pemerintah disertai dengan komitmen masyarakat…

2 jam ago

Indosat Ooredoo Hutchison Group dan Accenture Dorong Percepatan Kedaulatan AI Cloud untuk Gerakkan Masa Depan Digital Indonesia

Jakarta, 17 September 2024 - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group, melalui anak usahanya Lintasarta, telah menjalin…

3 jam ago