Categories: Jawa Timur

BEN Carnival II Akan Segera Digelar Bulan Ini di Kota Blitar

Blitar, infobanua.co,id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Blitar, menginformasikan, jika Blitar Ethnic National (BEN) Carnival II akan segera digelar lagi di Kota Blitar pada bulan Juli 2023 ini.

Rencananya panitia akan memperpanjang rute BEN Carnival II 2023, yang semula hanya 800 meter, menjadi 1,2 kilometer, dari jalan Ahcmad Yani hingga jalan Merdeka Barat atau perempatan Kepolo Kampung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Edy Wasono, mengatakan, rencananya BEN Carnival II akan digelar pada hari Sabtu 15 Juli 2023 mendatang.

Sedangkan peserta yang akan ikut pada BEN Carnival II 2023, sebanyak 58 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN dan lembaga sekolah yang ada di Kota Blitar.

“BEN Carnival II 2023 rencananya digelar pada hari Sabtu 15 Juli 2023, dan semua OPD, BUMN serta sekolah sudah siap. Sedang pesertanya sebanyak 58 peserta yang akan menampilkan seni budaya tradisi di seluruh Nusantara,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Edy Wasono, Senin 03-07-2023.

Menurut Edy, dalam event BEN Carnival, para peserta menampilkan kesenian Nusantara.

Selain itu para peserta juga bisa mendatangkan langsung seniman dari daerah asalnya.

Seperti Disbudpar Kota Blitar akan menampilkan kesenian dari daerah Singkawang, Kalimantan Barat.

Tidak hanya menampilkan keseniannya saja, Disbudpar juga akan mendatangkan seniman dari Singkawang untuk performa di BEN Carnival II 2023.

“Kami telah koordinasi dengan Singkawang dan dari singkawang akan menghadirkan senimannya di BEN Carnival II,” jlentrehnya.

Lebih dalam Edy, menuturkan, konsep BEN Carnival II 2023 lebih baik jika dibandingkan pada BEN sebelumnya. Rute BEN Carnival tahun ini juga lebih panjang dari sebelumnya.

Persiapan peserta tetap di depan STM Katholik, jalan Jenderal Sudirman dan start tetap di depan gedung DPRD Kota Blitar, jalan Achmad Yani.

“Sedangkan finishnya kami perpanjang yang sebelumnya di depan Kantor Wali Kota Blitar, kami perpanjang hingga di perempatan Kepolo Kampung. Kalau dulu panjang rute hanya 800 meter, sekarang menjadi 1.200 meter,” ungkapnya.

Masih menurut Edy, BEN Carnival II lebih fokus menampilkan potensi kesenian Nusantara.

“Kalau tahun lalu konsep banyak penampilan gala. Sekarang juga tetap ada gala, hanya saja gala yang menampilkan potensi kesenian daerah,” jelas Edy.

Sementara ditempat terpisah, Kepala Dishub Kota Blitar, Juari, mengatakan, sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk event BEN Carnival II 2023 mendatang.

Rute yang digunakan BEN Carnival II mulai dari jalan Achmad Yani hingga jalan Merdeka akan ditutup total ketika kegiatan sedang berlangsung.

“Kami akan mengalihkan kendaraan yang hendak menuju ke jalan Merdeka, dan kami menyiapkan petugas di beberapa titik pengalihan arus,” kata Juari.

Menurut Juari, pihaknya juga menyiapkan area parkir di sekitar lokasi BEN Carnival II, dengan menerapkan tarif retribusi parkir insidentil.

“Tarif parkir insidentil untuk sepeda motor Rp 3 ribu dan mobil Rp 5 ribu,” pungkasnya. (Eko.B).

infobanua

Recent Posts

Bupati Tanbu Bimtek CPPOB Harapanya Petani Patin Berkembang

BATULICIN, infobanua.co.id – Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar membuka Bimbingan Teknik (Bimtek) Pembenihan Ikan Patin,…

29 menit ago

Rapat Kerja Apeksi Kalimantan, Fokus pada Infrastruktur dan Investasi

Banjarbaru, infobanua.co.id – Pjs. Wali Kota Banjarbaru, Nurliani, menghadiri Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil)…

33 menit ago

Festival Literasi Banjarbaru ke-4, Penguatan Literasi Melalui Film

Banjarbaru, infobanua.co.id – Festival Literasi Banjarbaru ke-4 resmi dibuka dengan acara Bincang Temu Literasi, yang…

41 menit ago

Apapun Media Televisinya Tak Perlu Jadi Persoalan, Penentu Debat Publik Adalah Kualitas Paslon

Karawang,infobanua.co.id - Rangkaian tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum…

51 menit ago

Tes Urine Untuk Warga Binaan Program Cuti Dan Pembebasan Bersyarat

Sampit, infobanua.co.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit, yang berada di bawah naungan Kantor…

54 menit ago

Meldy Putera, Resmi Dilantik Sebagai Anggota PAW MPDN Kotim

Sampit, infobanua.co.id - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit, Meldy Putera, dari Kantor Wilayah…

56 menit ago