infobanua.co.id
Beranda KALTIM Ini Sebab Pendistribusian Air Bersih di Beberapa Perkoraan Mengalami Gangguan

Ini Sebab Pendistribusian Air Bersih di Beberapa Perkoraan Mengalami Gangguan

Petugas Perumda Air Minum lakukan pembongkaran dan pembersihan pompa intake. Foto:(Spesial)

BERAU, infobanua.co.id – Banyaknya laporan yang mempertanyakan menurunnya tekanan air di beberapa wilayah pelayanan IPA Perumda Air Minum Batiwakkal khususnya di wilayah perkotaan Tanjung Redeb dan sekitarnya.

Menanggapi hal itu, Tim Perumda Batiwakkal dipimpin langsung Direktur Perumda Batiwakkal, Saipul Rahman, Kasubag Perencanaan Toyib Kurniawan, Kasubag Distribusi Satria Darma Bakti, dan Kanit IPA Sambaliung Ikhwan Nur Karim, berupaya keras untuk mencarikan solusi secepat untuk penanganan kondisi ini dengan menggelar rapat kordinasi, di Premunda Batiwakkal, Jum’ at, (14/6).

Usai rapat koordinasi yang dipimping Direktur Perumda Air minum, Saipul Rahman mengatakan, dengan langsung turun memantau proses pembongkaran dan pembersihan pompa intake.

“Ternyata banyak sekali ditemukan sampah yang tersangkut dan terhisap di dalam pompa,” ungkapnya.

Debit pompa yang semula sempat hanya 97 liter perdetik meningkat menjadi 230 liter per detik.

Adapun setelah berdasarkan hasil rapat koordinasi Saipul Menjelaskan, telah disepakati untuk melakukan rekayasa distribusi dengan mengoptimalkan IPA Sambaliung untuk dapat membantu tekanan air ke wilayah Tanjung Redeb dan sekitarnya. Sementara untuk wilayah Sambaliung akan dipenuhi dari IPA Gurimbang.

Saipul menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah khususnya plastik ke bantaran sungai, karena selain dapat menyebabkan banjir, sampah juga sangat berpengaruh pada penurunan kapasitas pompa yang imbasnya akan menurunkan kapasitas produksi air dan merugikan masyarakat.

Lanjut dikatakannya, terkait dengan rekayasa distribusi, masyarakat agar memberikan informasi kondisi distribusi.

“Mohon jika air sudah lancar di rumahnya masing- masing agar bisa melaporkan ke bagian pelayanan di nomor 081346320101 atau 081352603900 agar bisa memudahkan kami menormalkan tekanan agar merata ke semua pelanggan,” imbuhnya. (Slf/Perumda batiwakkal/Adv)

Bagikan:

Iklan