infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur Pemkot Blitar Jadi Tuan Rumah Rakorwasda se-Jawa Timur

Pemkot Blitar Jadi Tuan Rumah Rakorwasda se-Jawa Timur

Walikota Blitar, Santoso.

Blitar, infobanua.co.id – Dalam rangka menguatkan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Daerah, Inspektur Kota/Kabupaten se Provinsi Jawa-Timur mengikuti Rapat Koordinasi Pengawas Daerah (Rakorwasda) di salah satu Hotel di jalan Anjasmoro, Kota Blitar, dari tanggal 13 hingga 15 Juli 2023.

Inspektur Provinsi Jawa-Timur, Helmy Perdana Putra, menjelaskan selama ini ada lima permasalahan yang dinilai sangat krusial di Jawa Timur.

Diantaranya adalah integritas yang rendah, pelanggaran Kepala Daerah, tidak konsistennya perencanaan penganggaran dan pengelolaan keuangan yang belum optimal. Hal tersebut harus segera dipecahkan oleh APIP di setiap daerah.

Melalui rapat tersebut, Helmy berharap, Inspektur daerah bisa merumuskan dan menyempurnakan beberapa regulasi yang saat ini berjalan. Sehingga ke depan APIP bisa lebih independen, dan hasilnya nanti akan diajukan kepada Dirjen Dalam Negeri.

“Ini mencari rumusan-rumusan agar kita bisa independen, bisa lepas dari permasalahan-permasalahan di daerah,” kata Helmy, Jum’at 14-07-2023.

Sementara Wali Kota Blitar, Santoso, menyampaikan apresiasinya atas ditunjuknya Kota Blitar sebagai penyelenggaraan kegiatan.

Menurutnya, selama ini kinerja APIP di Kota Blitar sudah cukup baik. Terbukti Pemerintah Kota Blitar sudah 14 kali berturut-turut mendapatkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Sedangkan terkait independen APIP di daerah, pihaknya menilai bisa diwujudkan jika diangkat dan dilantik oleh Gubernur Jawa Timur.

Sebab mereka memiliki kewenangan dalam menyelesaikan permasalahan krusial di daerah dan bertanggung jawab pada Gubernur Jawa Timur.

“Kecuali kalau yang melantik Gubernur, sehingga dia punya kewenangan ketika di daerah ada permasalahan yang krusial karena dia bertanggung jawab kepada Gubernur, bukan kepada Bupati atau Walikota,” ungkap Santoso.

Dalam kegiatan ini Wali Kota Blitar didampingi oleh Ketua DPRD Kota Blitar serta Sekda Kota Blitar. (Oke).

Sumber Betita: Pemkot Blitar.

Bagikan:

Iklan