infobanua.co.id
Beranda TAPIN Turdes di Kabupaten Tapin, Paman Birin Ingatkan Semangat Gotong Royong dan Pelestarian Sungai

Turdes di Kabupaten Tapin, Paman Birin Ingatkan Semangat Gotong Royong dan Pelestarian Sungai

Gubernur Kalsel bersama rombongan tiba di Kabupaten Tapin dan melakukan kunjungan ke SMAN 1 Tapin Tengah, Jumat (4/8)

Tapin, infobanua.co.id –  Memasuki hari ke-2 Turun ke Desa (Turdes)Ttahun 2023, Paman Birin bersama rombongan tiba di Kabupaten Tapin dan melakukan kunjungan ke SMAN 1 Tapin Tengah, Jumat (4/8) sore.

Suasana penuh sukacita terlihat di sekolah tersebut saat pelajar-pelajar dengan gembira menyambut kedatangan Paman Birin dan rombongan serta mempersembahkan Tari Japin oleh pelajar SMAN 1 Tapin Tengah.

Pada momen tersebut Paman Birin meninjau pelaksanaan sunatan dilanjutkan dengan meninjau langsung proses perekaman e-KTP. Proses perekaman ini dilakukan kepada seluruh siswa yang telah mencapai usia 17 tahun atau mendekati usia 17 tahun.

Kemudian Paman Birin menyerahkan Bantuan APBN tahun 2023 untuk peremajaan tanaman karet dalam bentuk benih karet dan pupuk NPK senilai Rp156 juta untuk Kelompok Tani Anggrek Jingga Desa Paring Guling Kecamatan Bungur Kabupaten Tapin.

Dilanjutkan dengan menyerahkan bantuan untuk penurunan stunting dan pengendalian inflasi berupa sembako, makanan tambahan, tablet tambah darah, penyerahan bantuan kesiapsiagaan bencana, penyerahan bendera hingga penanaman pohon.

Dalam sambutannya, Paman Birin menekankan pentingnya menjaga sungai sebagai ibu yang harus dijaga dan dilindungi. Pesan tersebut diiringi dengan seruan untuk tidak membuang sampah ke sungai, mengingat dampak negatifnya jika sampah menumpuk dan menyebabkan banjir.

“Mari kita berkomitmen untuk tidak membuang sampah sembarangan agar air sungai tetap mengalir dengan baik dan dapat menampung air dengan maksimal,” ujar Paman Birin.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin juga mengapresiasi partisipasi dan antusiasme warga Tapin yang telah turut serta dalam acara tersebut. Beliau merasa senang melihat semangat gotong royong dalam menangani isu-isu penting seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta pelestarian sungai.

Diakhir acara paman Birin juga memberikan hadiah kepada para murid, guru, anak-anak hingga lansia yang berani naik naik keatas panggung.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan