infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Harjad ke- 73 Kalsel, Gubernur Sahbirin Noor Kenalkan Logo Geopark Meratus

Harjad ke- 73 Kalsel, Gubernur Sahbirin Noor Kenalkan Logo Geopark Meratus

Puncak acara adalah peluncuran logo Geopark Meratus oleh Paman Birin, yang menggambarkan berlian intan dari Banua yang menerangi dunia. Logo ini juga mewakili semangat gotong royong antara Suku Banjar dan Suku Dayak Meratus dalam menjaga warisan bumi, budaya, flora, dan fauna

Banjarmasin, infobanua.co.id – Peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan yang bertema “Rakat Basindat, Junjung Martabat, Banua Babarakat” berlangsung meriah di halaman eks Kantor Gubernur di Kota Banjarmasin pada Selasa (15/8/2023).

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau akrab dipanggil Paman Birin, beserta istri, Wakil Gubernur H. Muhidin dan istri, Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK dan istri, serta pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Mereka semua mengenakan pakaian khas Banjar atau sasirangan.

Peringatan harjad ini juga dimeriahkan oleh bupati/walikota dari seluruh Kalsel, pimpinan perbankan dan BUMD/BUMN, serta tamu undangan lainnya.

Puncak acara adalah peluncuran logo Geopark Meratus oleh Paman Birin, yang menggambarkan berlian intan dari Banua yang menerangi dunia. Logo ini juga mewakili semangat gotong royong antara Suku Banjar dan Suku Dayak Meratus dalam menjaga warisan bumi, budaya, flora, dan fauna. Pegunungan Meratus yang melambangkan hutan menjadi atap dan rumah masyarakat Banua, serta sumber kehidupan bagi penduduk Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya, Paman Birin menyatakan bahwa peringatan Harjad ke-73 ini merupakan komitmen untuk meningkatkan semangat persatuan, persaudaraan, dan gotong royong dalam membangun Banua yang lebih baik dan maju. Harjad ini juga menjadi kesempatan untuk mengukuhkan kesadaran dan kekompakan dalam membangun Kalimantan Selatan yang lebih baik lagi, yang dijuluki Kalsel Babussalam.

Paman Birin menyoroti pencapaian Kalsel seperti pertumbuhan ekonomi yang stabil dan positif, pengendalian inflasi, pemulihan UMKM pasca pandemi, dan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Dia juga mengajak masyarakat Kalsel untuk terus bersama-sama membangun Banua melalui berbagai agenda dan program pembangunan yang akan dilanjutkan.

Acara juga diisi dengan tausiah oleh KH Wildan Salman dari Martapura, yang menyampaikan pesan bahwa peringatan ulang tahun Provinsi Kalimantan Selatan yang ke-73 harus dijadikan momentum untuk terus berkembang dan memajukan daerah ini. adv/IB

Bagikan:

Iklan