infobanua.co.id
Beranda KOTABARU Wakil Bupati Kotabaru Buka MTQ Nasional Ke-53 Tingkat Kabupaten Kotabaru 2023

Wakil Bupati Kotabaru Buka MTQ Nasional Ke-53 Tingkat Kabupaten Kotabaru 2023

Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif secara resmi membuka penyelenggarakan MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Kotabaru yang ke-53, yang berlangsung meriah di Lapangan Siring Laut Kotabaru,

KOTABARU, infobanua.co.id – Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif secara resmi membuka penyelenggarakan MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Kotabaru yang ke-53, yang berlangsung meriah di Lapangan Siring Laut Kotabaru, Jum’at (01 September 2023 ).

Adapun dalam seremonial Pembukaan MTQ di Kecamatan Pulau Laut Sigam ini dimulai dengan defile kafilah peserta lomba, dan penampilan tarian kolosal. Serta Penayangan Selayang Pandang Kecamatan Pulau Laut Sigam dengan gemerlap Lampu yang terlihat megah dan membuat tamu undangan dan masyarakat berdecak kagum dengan pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten tersebut.

Pembukaan ini juga ditandai dengan pemukulan Bedug oleh Wakil Bupati Kotabaru dengan didampingi para tamu undangan.

Dalam sambutan Bupati Kotabaru yang dibacakan Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif, menyampaikan, selaku pribadi dan Pemerintah Daerah serta masyarakat Kotabaru sangat menyambut baik dan merasa bangga kepada LPTQ Kabupaten Kotabaru, panitia penyelenggara dan seluruh pihak yang telah menunjukkan besarnya komitmen terhadap etika, moral spiritual melalui pembukaan penyelenggaraan MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Kotabaru ke-53 di Kecamatan Pulau Laut Sigam pada malam hari ini.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah dari 22 Kecamatan yang telah siap berkompetisi untuk menjadi Qori-Qoriah Hafidz dan Hafidzah, cendekiawan terbaik tingkat Kabupaten. Untuk selanjutnya mewakili Kabupaten Kotabaru di tingkat yang lebih tinggi,” Ucap Wakil Bupati Kotabaru.

Melalui penyelenggaran MTQ ke-53 ini diharapkan, dapat menjadi daya tarik tersendiri, sekaligus menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk mempelajari Al-qur’an dan dapat dijadikan sebagai momentum untuk menanamkan nilai-nilai Al-qur’an kepada masyarakat.

“Melalui MTQ ini juga, saya harap dapat dijadikan sebagai ruang dan media dakwah serta syiar keagama yang efektif, yang mampu menjadi daya dorong kuat dalam memacu percepatan pembangunan di Kabupaten Kotabaru, dan kepada segenap kafilah MTQ, saya mengucapkan selamat berkompetensi, tunjukkan segenap kemampuan saudara semaksimal mungkin, sehingga hasil yang diperoleh dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan, serta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas serta keadilan, mari jadikan kompetensi ini sebagai salah satu jalan untuk menggapai Ridho Allah SWT,” Harap Wakil Bupati Kotabaru.

Sementara itu, Ketua Umum LPTQ Kotabaru Drs. H. Said Akhmad,MM mengungkapkan, sebagai kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten ini menjadi sebagai upaya membangun kecintaan terjadap Al-qur’an dan sangat penting di tengah-tengah era globalisasi dan keterbukaan informasi seperti sekarang ini.

“Saya selaku Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kabupaten Kotabaru berharap agar kegiatan ini tidak hanya dijadikan sekedar ajang musabaqah atau perlombaam semata. Melainkan lebih sebagai upaya membangun kecintaan kita sebagai umat Islam terhadap Al-qur’an untuk selalu mengamalkan ajaran-ajaran Al-qur’an, hal ini menjadi sangat penting ditengah-tengah era globalisasi dan keterbukaan informasi seperti sekarang ini. Sehingga dengan berpegang pada nilai-nilai Al-qur’an,” Ungkap Sekda Kotabaru.

Untuk penyelenggaraan MTQ Nasional ke-53 tingkat Kabupaten Kotabaru di Kecamatan Pulau Laut Sigam dilaksanakan dari tanggal 01 September hingga 06 September 2023 dengan total ada 44 rumah kontingen MTQ yang tersebar di Kecamatan Pulau Laut Sigam seperti Kotabaru Tengah, Kotabaru Hilir, Desa Sebatung, Hilir Muara dan Baharu Utara.

Dan sebagai informasi, selain panggung utama di Lapangan Siring Laut, MTQ kali ini juga memakai venue di beberapa Mesjid dan Sekolahan yang ada di Kecamatan Pulah Laut Sigam, Seperti Mesjid Jami, Mesjid Agung Khusnul Khotimah, Masjid Nurul Yaqin, SMAN 1 dan MTSN 2. Selain itu, Untuk meredakan ketegangan dan kepenatan selama berkompetisi di ajang MTQN ke 53 di Kecamatan Pulau Laut Sigam seluruh kafilah maupun offcial nantinya bakal diajak rekreasi

JL

Bagikan:

Iklan