infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Pemkab Batola Gencarkan Perekaman KTP di Pelosok Desa

Pemkab Batola Gencarkan Perekaman KTP di Pelosok Desa

MARABAHAN – Sekretaris Desa Beringin Kencana, Baihaki, mengaku, warganya sangat terbantu dengan perekaman KTP yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Kuala (Batola). Menurutnya, tidak sedikit warga di pelosok Desa Beringin Kencana, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Batola, yang belum memiliki NIK sehingga berdampak dalam memberikan pelayanan yang berbasis NIK KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batola, Akhmad Wahyuni, di Kota Marabahan, Kamis (21/9/2023), mengungkapkan mengenai rencana pelaksanaan Perekaman E-KTP di pelosok desa.

Menurutnya, data mengenai warga belum ber-KTP banyak tersebar di sejumlah dinas, yaitu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial dan data Dinas Kesehatan mengenai Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). “Nah, orang yang belum mendapatkan KTP,  kami minta agar dapat didata. Kami kejar untuk perekaman KTP,” ungkapnya.

Rencana, pada Oktober mendatang, kegiatan perekaman KTP dilaksanakan di pelosok desa, termasuk di antaranya di Kecamatan Tabunganen. “Kami bermalam di rumah kepala desa agar warga dapat direkam KTP. Warga di sana hanya ada saat malam,” katanya.

Ditambahkan Wawah, panggilan akrabnya, setelah menjabat sebagai Kepala Disdukcapil Batola, urutan perekaman KTP berada nomor dua se Provinsi Kalimantan Selatan.  Menurutnya, data KTP itu tidak memandang siapa karena menjadi bahan pengambilan keputusan pemerintah.

Rel/bp

 

 

Bagikan:

Iklan